Home Motor Tips Memilih Lampu HID Motor yang Baik dan Benar

Tips Memilih Lampu HID Motor yang Baik dan Benar

0 2720

Trik Memilih Lampu HID Unuk Motor, Cukup banyak pemilik kendaraan roda dua yang tidak memahami dan asal-asalan dalam memilih lampu HID untuk motornya. Padahal pemilihan yang tidak tepat dapat membahayakan keselamatan pengendara, terutama di saat musim hujan tiba.

“Kebanyakan konsumen tahunya Kelvin makin besar, maka lampu lebih terang. Padahal hanya berbeda soal warna saja. Misalnya, lampu 430 Kelvin berwarna kekuningan, sedangkan 6000 Kelvin bercahaya putih dan 8000 Kelvin biru kristal,” kata Hamdi, pemilik gerai spesialis lampu Adim Garage di Jl. Raya Pondok Gede Dirgantara 1 No. 13, Lubang Buaya, Jakarta.

Pendapat yang sama juga dikemukakan oleh Wira Santosa dari gerai SAS Speedglow, Jl. Pondok Gede Raya No. 24, Bekasi. “Itu salah kaprah! Satuan Kelvin hanya menentukan temperatur warna. Sedangkan satuan terang itu adalah Lumen.”

Tips Memilih Lampu HID Motor 2

Wira menerangkan, satuan Kelvin tidak berpengaruh dengan Lumen (Lm). Oleh karena itu merupakan pendapat yang salah apabila Kelvin tinggi sebanding dengan terangnya. “Sebagai contoh, rata-rata Lm HID diatas 2200Lm. Sementara lampu halogen hanya menghasilkan 1500Lm,” jelas Wira.

Disamping itu Wira menambahkan, menggunaan lampu HID dengan angka Kelvin yang besar justru tidak tembus ketika hujan turun. “Lebih aman pakai 4300 Kelvin,” terangnya.

Dirinya berpendapat, sinar yang memiliki satuan diatas 4500 Kelvin tidak dapat menembus hujan. “Namun semakin rendah Kelvinnya, ancaran akan mirip dengan sinar matahari,” ujarnya sambil mengatakan bahwa satuan 3000 Kelvin merupakan standar HID terendah.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply