Home Motor Motor Sport Tips Rekondisi Suzuki Thunder 125 Dengan Dana Rp 1,2 Jutaan

Tips Rekondisi Suzuki Thunder 125 Dengan Dana Rp 1,2 Jutaan

0 3163

Trik Rekondisi Motor Sport Suzuki Thunder 125, Suzuki Thunder 125 merupakan motor yang cukup menarik bila dimodifikasi dengan aliran cafe racer. Namun, jika bahan yang diperoleh merupakan komponen keluaran lama seperti tahun 2007, itu artinya harus menjalani proses rekondisi. Langkah tersebut dapat dimulai dari kaki-kaki, kelistrikan hingga mesin.

“Tujuannya agar performa dan handling besutan tetap enak dikendarai dan dana yang wajib disiapkan sekitar Rp 1,2 jutaan,” terang Sidiq, mekanik Thunderist Pitstop di Jakarta Selatan.

Beberapa bagian kaki-kaki yang perlu diperiksa adalah bushing arm, sil sokbreker dan sok belakang. Bushing arm merupakan komponen yang sering rusak karena hentakan motor sehingga cepat aus. Biaya untuk mengganti part ini Rp 120 ribu. Sementara sil sokbreker dan sok belakang cukup diganti apabila bocor.

Tips Rekondisi Suzuki Thunder 125 1

Proses rekondisi motor berlanjut ke sektor kelistrikan. Biasanya performa sepul telah menurun sehingga motor sulit dihidupkan. Untuk mengatasinya cukup diganti dengan yang baru seharga Rp 315 ribu. Jangan lupa untuk memeriksa kondisi aki juga.

Dianjurkan untuk melakukan servis besar pada mesin. Dengan modal Rp 450 ribuan, pemeriksaan yang dilakukan meliputi oli mesin, cek rantai keteng dan karet tensioner-nya. Perhatikan juga piston dan ring piston, apabila lemah lebih baik diganti atau di-oversize.

Selanjutnya periksa perangkat pengabut bensin. Umumnya komponen yang sering bermasalah adalah skep karbu. “Lebih enak ganti peranti lainnya. Bisa pakai part copotan dari Yamaha RX-King. Harganya cuma Rp 800 ribu sudah dapat manifold dan jasa pasang,” papar Siddiq.

Proses rekondisi terakhir adalah memeriksa kampas kopling dan per kopling. Bisa diganti dengan kampas kopling Suzuki Satria 150F. Per kopling tidak perlu ganti, sebab dapat dimanipulasi dengan menambah ring di per kopling tersebut. Dana yang diperlukan untuk mengganti komponen tersebut Rp 315 ribu.

Source: motor-motor sport, cara pasang karburator rx king di thunder 125, suzuki thunder 125 sudah oversize 200 apa yang harus diganti com, tahapan pergantian karburator rx king pada tunder 125, thunder 125 modif street racing, thunder 125 tips, tip dan trik modif suzuki thunder 125 modifikasi, tip membeli suzuki thunder 125 bekas, tips membeli suzuki thunder, tips membeli thunde, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply