Home Mobil 3 Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras yang Benar

3 Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras yang Benar

0 1544

Trik Mengatasi Pedal Kopling Keras, Terjebak di tengah kemacetan memang tidak menyenangkan. Terlebih lagi jika berkendara dengan mobil bertransmisi manual dan pedal kopling yang terasa berat saat ditekan. Hal ini dapat menyebabkan kaki menjadi pegal terutama pada area persendian seperti lutut dan pergelangan. Alhasil berkendara menjadi tidak nyaman dan tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal.

“Sebenarnya berat tidaknya tekanan pedal kopling tergantung jenis kendaraan juga. Pada mobil-mobil besar, sengaja disetel berat supaya kopling tidak selip untuk menggiring bobot yang sangat berat. Misalnya truk dan bus. Tapi untuk mobil perkotaan, seharusnya ringan,” papar Marzuki, mekanik Embrio Cars, bengkel spesialis mobil built up yang berlokasi di Kalimalang, Jakarta Timur.

Tips Atasi Pedal Kopling Keras 1

Ada beberapa solusi untuk mengatasi masalah kerasnya pedal kopling pada mobil. Berikut adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Mengganti satu set kopling mobil. Biaya yang harus dikeluarkan memang tidak sedikit, akan tetapi permasalahan tersebut dapat teratasi tanpa menimbulkan masalah lagi.
  2. Apabila kerasnya pedal kopling dikarenakan kurang pelumas, cukup semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot yang terletak di fork kopling.
  3. Gunakanlah kopling secara benar, seperti menggunakan gigi satu untuk mulai melaju, memindah tuas transmisi ke posisi netral bila berhenti, menghindari setengah kopling ketika melewati jalanan yang menanjak dan tidak meletakkan kaki di atas pedal kopling selama berkendara dengan mobil.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply