Home Motor Motor Matic Komponen Motor Matic yang Harus Diperhatikan di Musim Hujan

Komponen Motor Matic yang Harus Diperhatikan di Musim Hujan

0 1327

Perawatan Komponen Skutik Saat Musim Hujan, Indonesia telah memasuki musim hujan. Oleh karena itu berbagai persiapan dan antisipasi harus dilakukan bagi para pengendara agar motor tetap nyaman dan aman dikendarai.

Bagi pemilik motor matic, ada beberapa komponen yang harus diperiksa kondisinya, terutama untuk motor matic berumur di atas 2 tahun. Hal ini wajib dilakukan agar motor matic Anda tetap aman dikendarai saat melaju di bawah siraman hujan. Berikut adalah beberapa komponen yang harus diperhatikan:

1. Kampas rem

Komponen ini berfungsi untuk mengurangi kecepatan motor matic. Hujan dapat mengganggu kinerja sistem pengereman. Oleh karena itu kondisi kampas rem harus selalu prima agar daya deselerasi motor tetap pakem.

Rawat Komponen Motor Matic Saat Hujan 1

2. Blok CVT

Satu komponen yang tak kalah penting dan harus mendapat perhatian ekstra adalah blok CVT. Umumnya masalah motor matic pada musim hujan seperti ini adalah tarikan mesin yang terasa berat. Hal ini dapat diatasi dari sistem transmisi di blok CVT seperti roller dan kampas ganda. Disamping itu, Anda juga dapat mengganti per CVT agar tarikan motor semakin kencang.

3. Kabel rem

Kabel rem juga harus dirawat secara baik agar kendaraan dapat dikendalikan dengan baik dan aman. Bagi Anda yang suka berkendara jauh, jangan mengabaikan perawatan pada komponen ini.

4. Cakram

Umumnya rem cakram memerlukan perawatan setiap 1 tahun sekali atau setiap 20 ribu kilometer. Selain itu perhatikan pula fluida atau biasa disebut minyak rem, oli rem, dan lain-lain. Ini dilakukan karena fluida memiliki peran penting untuk mendorong kaliper menjepit kampas.

5. Filter udara

Komponen ini bertugas untuk menyaring udara yang masuk ke karburator. Filter yang kotor membuat udara yang masuk ke dalam silinder lebih sedikit sehingga dapat menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Oleh karena jangan lupa untuk memeriksa komponen ini.

Source: komponen kenderaan matic yg perlu dirawat, modifikasi motor matic dikala musim hujan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply