Home Mobil Tips Mematikan Mobil yang Baik dan Benar

Tips Mematikan Mobil yang Baik dan Benar

0 954

Trik Mematikan Mesin Mobil, Merawat mesin mobil adalah hal yang tak boleh dipandang sebelah mata. Sebab mesin memiliki peran yang sangat vital pada suatu kendaraan.

Ada beberapa hal yang membuat mesin mobil menjadi lebih awet dan tetap memiliki performa yang maksimal. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan servis rutin dan memperhatikan cara berkendara. Namun, tahukah Anda bahwa ada hal sederhana yang mempengaruhi kinerja mesin? Hal yang dimaksud adalah mematikan mesin mobil.

Tips Mematikan Mesin Mobil 2

Banyak pengendara yang mematikan mobil ketika putaran mesin masih tinggi. Hal tersebut rupanya dapat memicu kerusakan pada sektor jantung pacu. Kerusakan dapat terjadi karena saat mesin masih dalam putaran yang tinggi, mesin masih memerlukan pelumas. Apabila mesin dimatikan, kompresi pelumas yang masuk akan menurun drastis, dengan kata lain mesin akan kehilangan pelumas. Inilah yang membuat mesin menjadi cepat aus bahkan dapat mengalami kerusakan.

Disamping itu, saat mesin masih dalam putaran tinggi ada komponen yang masih mengembang. Apabila pelumas yang masuk berkurang, akibatnya adalah mesin menjadi aus dan rusak.

“Kalau mesin langsung dimatikan pelumasan jadi berkurang. Selain itu temperatus mesin lagi tinggi dan komponen masih mengembang, langkah langsung mematikan mesin akan merusak dinding silinder,” papar Virdan dari Revenge.

Agar tidak terjadi hal semacam itu, disarankan untuk menunggu hingga mesin berada dalam kondisi idle atau normal. Setelah itu, barulah Anda dapat mematikan mobil dengan memutar kontak pada posisi off. Mematikan mesin mobil dengan cara yang benar dan tepat tidak hanya membuat mesin mobil terhindar dari kerusakan, namun juga membuat performa kendaraan tetap maksimal.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply