Home Motor Fungsi Jalu Stang Motor yang Tidak Disadari

Fungsi Jalu Stang Motor yang Tidak Disadari

0 3253

Manfaat Jalu Setang Motor, Para pengendara sepeda motor diharapkan tidak hanya mengetahui teknik-teknik berkendara dan merawat motor miliknya saja, namun setidaknya juga memahami fungsi dari komponen-komponen yang ada pada motornya. Dari sekian banyak komponen yang ada pada sepeda motor, tentu pengendara tidak asing dengan komponen bar-end atau disebut juga dengan istilah jalu setang. Komponen yang dapat dilepas dan dipasang ini terletak di ujung setang.

Jalu setang mempunyai peran penting dalam menunjang performa pengendara saat menunggangi motor. Namun beberapa pemilik kendaraan justru melepas jalu setang karena dianggap mengganggu handling.

Fungsi Jalu Setang Motor 2

Berdasarkan informasi yang dipaparkan oleh Welovehonda, bar-end bertugas untuk memberikan kestabilan dan keseimbangan bagi pengguna saat mengendarai motor. Oleh karena itu bukanlah hal yang aneh bila saat komponen ini dilepas, motor terasa tidak seimbang dalam hal kemudi motor, terutama untuk model motor sport.

Balancer yang dirancang dengan desain khusus ini umumnya memiliki berat yang mampu memberikan keseimbangan pada setang motor. Kelebihan lain dengan menggunakan balancer ini adalah dapat mengurangi getaran kemudi motor sehingga membuat setang lebih stabil dan memberikan kenyamanan bagi pengendara ketika melakukan perjalanan.

Adanya bar-end memang membuat motor terasa lebih lebar. Kendati demikian, berkat digunakannya komponen ini pengendara akan merasa lebih aman dan nyaman. Selain itu komponen ini dapat memberikan perlindungan saat motor terjatuh.

Oleh karena itu jangan pernah melepas komponen bar-end pada motor Anda. Apabila jalu setang ini tinggal sebelah, segera cari gantinya agar motor tetap stabil.

Source: jalu stang, fungsi jalu as roda, cara cabut jalu stang motor supaya center, kegunaan jalu stang motor, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply