Home Mobil Cara Merawat ECU Mobil Agar Terhindar dari Kerusakan

Cara Merawat ECU Mobil Agar Terhindar dari Kerusakan

0 1000

Trik Merawat ECU pada Mobil, Bagi pemilik mobil, tentu tidak asing dengan komponen ECU (Electronic Control Unit). ECU merupakan komponen pintar yang berperan sebagai pengatur kinerja mesin mobil. Selain itu komponen ini juga dapat mengatur masuk dan keluarnya bahan bakar pada mesin.

Sama seperti komponen elektronik pada umumnya, ECU juga rentan terhadap kerusakan. Komponen ECU sangat rentan terhadap air. Apabila mengalami kerusakan, kemungkinan besar komponen ini tidak dapat diperbaiki dan harus diganti dengan yang baru. Sementara biaya untuk membeli ECU terbilang cukup tinggi.

Untuk mencegah terjadinya kerusakan, ada baiknya melakukan perawatan secara teratur. Anda harus memastikan kondisi ECU tetap kering. Oleh karena itu jika Anda mencuci mobil, pastikan ECU tidak terkenda air. Anda dapat mengantisipasi hal ini dengan mencari tempat ECU berada dan melapisinya dengan plastik.

Tips Rawat ECU Mobil 2

Penempatan ECU setiap mobil berbeda-beda. ECU yang ditempatkan di dalam interior mobil juga tidak menjamin komponen tersebut bebas dari kerusakan. Sebab kelembaban yang tinggi pada interior mobil dapat mengakibatkan rusaknya ECU.

Disamping itu, lakukan pemeriksaan pada sektor mesin mulai dari komponen filter. Filter yang kotor dapat mengganggu aliran udara dan dapat menghambat pembacaan kinerja mesin oleh ECU. Jika hal ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan rusaknya komponen ECU.

Jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan pada kondisi kelistrikan kendaraan. Pastikan sistem listrik pada mobil tidak mengalami gangguan seperti korosi pada terminal aki maupun kabel yang mulai lapuk. Arus listrik pada kendaraan yang tidak stabil dapat mempengaruhi kinerja ECU. Komponen ECU yang mendapat kelebihan beban karena aliran listrik yang kurang baik dapat menimbulkan kerusakan.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply