Home Mobil Cara Merawat Timing Belt Mobil Agar Tidak Mudah Putus

Cara Merawat Timing Belt Mobil Agar Tidak Mudah Putus

0 3226

Trik Merawat Timing Belt Mobil, Berkendara dengan menggunakan mobil pribadi tidak lepas dari resiko macet di tengah jalan. Apabila mobil Anda mengalami masalah tersebut, periksalah komponen timing belt. Mogoknya mobil Anda bisa saja disebabkan oleh putusnya timing belt. Agar komponen ini tidak putus kembali dikemudian hari, ada baiknya Anda melakukan pengecekan secara teratur, karena masalah ini dapat berimbas ke komponen lain.

Berdasarkan informasi yang disampaikan oleh Sun Motor, putusnya timing belt dapat mengakibatkan kerusakan pada bagian klep atau katup. Komponen ini dapat bengkok bahkan patah karena tertabrak piston, yang pada akhirnya mesin harus di-overhaul untuk memperbaikinya. Biasanya timing belt mengalami kerusakan karena faktor usia atau adanya kesalahan saat pemasangan. Pemasangan yang terlalu keras maupun terlalu kendor dapat mempengaruhi daya tahan timing belt ketika bekerja.

Tips Rawat Timing Belt Mobil 2

Agar timing belt tidak putus, Sun Motor menyarankan untuk memperhatikan masa pakai timing belt. Selain itu disarankan untuk mengganti timing belt secara berkala sesuai dengan anjuran pabrik.

Timing belt pada mobil bermesin bensin umumnya harus diganti setiap 40.000 sampai 60.000 km. Sedangkan pada mobil diesel memerlukan penggantian setiap 100.000 km. Namun jika mobil kerap membawa beban berat dan mengalami kemacetan, dianjurkan untuk mengganti timing belt lebih cepat dari yang telah ditetapkan di atas.

Selain itu, periksalah apakah ada kebocoran oli mesin pada seal oil yang terletak di crankshaft atau camshaft. Hal ini harus dilakukan untuk mencegah putusnya timing belt, sebab oli yang bocor dan mengenai komponen tersebut dapat mempengaruhi kondisi timing belt.

Source: cara merawat teming belt menjadi awet, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply