Home Mobil 4 Trik Merawat Rem Mobil Agar Berkendara Tetap Aman

4 Trik Merawat Rem Mobil Agar Berkendara Tetap Aman

0 1067

Cara Merawat Rem Mobil, Kendaraan bermotor pada umumnya terdiri dari bermacam-macam komponen yang memiliki peran masing-masing. Pola perawatan yang dilakukan pun juga beragam. Dari sekian banyak komponen pada mobil, ada satu komponen yang bertugas untuk menunjang keselamatan penggunanya, yakni rem. Komponen ini merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah kendaran, baik mobil ataupun sepeda motor. Rem memiliki peran yang sangat penting, sehingga perawatannya tidak boleh diabaikan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk merawat rem mobil. Selain membuat perjalanan Anda terasa aman, perawatan rem yang dilakukan secara teratur akan memberikan kenyamanan selama perjalanan. Berikut adalah cara melakukan perawatan rem mobil:

Tips Rawat Rem Mobil 2

  1. Periksalah perangkat rem apabila mobil Anda telah menempuh 10.000 km. Biasanya banyak kotoran dan debu yang menempel di bagian kanvas, cakram dan tromol. Jika kotoran tersebut tidak segera diatasi, dapat menyebabkan tergoresnya piringan atau tromol. Oleh karena itu jangan lupa untuk membersihkan perangkat rem pada mobil Anda.
  2. Lakukan pembersihan dan penggantian secara teratur pada sistem pengereman hidrolik. Dianjurkan untuk melakukan perawatan pada komponen tersebut setelah mobil melampaui jarak 40.000 km.
  3. Lakukan penggantian pada komponen kanvas, master, dan break pad apabila timbul gejala kerusakan Pada umumnya gejala yang timbul adalah getaran yang terasa keras ketika melakukan pengereman.
  4. Selalu gunakan suku cadang asli untuk komponen rem mobil Anda. Dan yang tak kalah penting, lakukanlah servis atau perawatan mobil di bengkel resmi dan terpercaya. Hal ini tidak boleh diabaikan karena komponen rem memiliki tugas yang sangat vital pada kendaraan Anda, sehingga komponen tersebut harus selalu dalam kondisi yang prima.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply