Home Mobil 5 Trik Merawat Shockbreaker Mobil dengan Tepat

5 Trik Merawat Shockbreaker Mobil dengan Tepat

0 1626

Cara Merawat Shockbreaker Mobil, Shockbreaker atau disebut juga dengan peredam kejut memiliki peran tersendiri pada sebuah kendaraan. Komponen ini berfungsi untuk meminimalisir efek dari permukaan jalan yang kasar atau tidak rata. Dengan begitu bodi mobil tidak akan terguncang berlebihan walaupun melewati jalan yang bergelombang.

Agar dapat bekerja dengan maksimal, shockbreaker harus dirawat secara rutin. Umumnya shockbreaker yang menggunakan oli maupun gas memiliki teknik perawatan yang hampir sama. Berikut adalah tips merawat shockbreaker:

Tips Rawat Shockbreaker Mobil 2

  1. Jangan menggunakan pengencang baut listrik, sebab alat tersebut justru dapat merusak ulir batang piston. Pakailah kunci pas yang dapat diatur torsi maksimum kekencangannya. Anda dapat memanfaatkan kunci pas namun jangan terlalu keras.
  2. Jangan menjepit batang piston dengan menggunakan tang ketika memasang ataupun melepas komponen. Hal ini harus dihindari karena dapat mengakibatkan baret pada batang piston yang pada akhirnya akan merusak seal piston saat bekerja.
  3. Jangan melakukan pengencangan baut saat mobil masih didongkrak. Lebih baik turunkan dahulu, dorong maju mundur sekitar satu meter, setelah itu barulah Anda dapat mengencangkannnya.
  4. Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan batang piston. Piston harus terbebas dari kotoran agar tidak menyebabkan baret yang dapat merusak katup-katup piston saat bekerja.
  5. Selain itu disarankan untuk mengecek kerusakan yang ada pada shockbreaker, semisal kebocoran. Anda juga dapat memeriksanya dengan meraba kondisi ban, apakah ban bergelombang atau tidak. Selalu perhatikan kondisi shockbreaker agar perjalanan Anda selalu aman dan nyaman.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply