Home Motor 8 Tips Sebelum Berkendara dengan Motor di Musim Hujan

8 Tips Sebelum Berkendara dengan Motor di Musim Hujan

0 1187

Trik Sebelum Berkendara Motor Saat Hujan, Musim hujan membawa berkah, namun juga memberi permasalahan tersendiri bagi pengendara sepeda motor. Pasalnya disaat seperti ini, motor membutuhkan perawatan ekstra. Selain menjaga kebersihan motor dan mencucinya secara teratur, bagian komponen juga tidak boleh luput dari perhatian.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pengguna sepeda motor, agar motor siap untuk dipacu saat hujan turun. Sarwono Edhi, selaku Technical Service Training Manager PT Astra Honda Motor (AHM) menjelaskan, ada beberapa poin yang wajib dicermati agar motor siap menghadapi hujan. Berikut adalah poin-poin yang harus diperhatikan:

Tips Berkendara Saat Hujan 2

  1. Periksa apakah lampu-lampu dapat bekerja dengan baik atau tidak. Lampu-lampu pada motor meliputi lampu utama (depan-belakang), lampu sein dan lampu stop.
  2. Pastikan ban memiliki alur dengan ketebalan 1 mm. Anda dapat melihatnya dari tanda TWI atau Tread Wear Indicator. Dianjurkan untuk menggunakan ban yang dapat bekerja dengan baik di jalanan basah.
  3. Cek kondisi busi dan cop (tutup busi). Sebab, jika komponen ini tidak dalam kondisi yang baik, dapat menyebabkan motor mogok ketika melalui genangan air.
  4. Untuk pengguna sepeda motor bebek dan sport, jangan lupa untuk membersihkan dan melumasi rantai roda.
  5. Periksa bagian selang pernafasan karburator. Pastikan komponen ini tidak tersumbat dan aman ketika motor melintasi genangan air.
  6. Pastikan rem depan dan belakang dapat bekerja sebagaimana mestinya. Apabila kanvas aus, gantilah dengan yang baru agar tidak mengganggu performa rem motor.
  7. Usahakan filter udara tidak kemasukan air ketika menerjang genangan air.
  8. Jangan lupa untuk memeriksa cara kerja gas seperti handel dan kabel. Di musim hujan seperti ini, biasanya kedua komponen tersebut mengalami masalah.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply