Home Mobil 6 Cara Berkendara dengan Mobil Saat Hujan Turun

6 Cara Berkendara dengan Mobil Saat Hujan Turun

0 1281

Trik Mengendarai Mobil Saat Musim Hujan, Berkendara dengan mobil di saat hujan bukan tanpa resiko. Karena disaat seperti inilah resiko kecelakaan kendaraan lebih besar. Jalanan yang licin dan kurang siapnya pengendara merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kecelakaan.

Selain itu hujan yang lebat dapat membuat daya pandang berkurang dan bisa menyebabkan mata mudah lelah. Untuk mencegah resiko terjadinya kecelakaan, berikut adalah beberapa tips aman yang bisa Anda lakukan.

1. Tambah jarak aman
Jagalah jarak mobil Anda dengan kendaraan lain yang ada di depan Anda. Saat cuaca cerah kita harus menjaga jarak 2 detik ke mobil depan. Namun saat hujan turun, tingkatkan menjadi 3 detik.

Tips Kendarai Mobil Saat Hujan 2

2. Jangan bermanuver secara mendadak
Jangan melakukan akselerasi, pengereman dan berbelok secara mendadak. Karena di saat hujan, kondisi jalan menjadi licin sehingga dapat membuat mobil Anda sulit untuk dikendalikan.

3. Hindari menyalakan lampu hazard
Menyalakan lampu hazard ketika hujan turun sangat berbahaya. Sebab saat lampu ini menyala, kendaraan Anda tidak dapat menyalakan lampu sein. Selain itu hal tersebut dapat mengganggu daya pandang pengendara lain di belakang mobil Anda. Lebih baik gunakan lampu kabut atau lampu besar normal jika hujan sangat deras.

4. Hindari jalur kanan di tol
Umumnya jalan tol memiliki kontur sedikit cembung. Apabila Anda berkendara di jalur kanan, dapat meningkatkan resiko menabrak genangan air yang akhirnya membuat mobil sulit dikendalikan.

5. Hati-hati ban mengunci
Ban mengunci biasanya terjadi apabila Anda mengerem mendadak dan mobil tidak dilengkapi fitur ABS. Apabila gejala tersebut terasa pada mobil Anda, kurangi sedikit injakan rem hingga roda berputar kembali.

6. Hindari menerjang banjir
Saat berkendara, usahakan untuk tidak melintasi genangan air maupun banjir. Ada baiknya Anda mencari tempat yang aman untuk dilewati.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply