Home Uncategorized Tips Mengetahui Penyebab Overheat Mesin Mobil

Tips Mengetahui Penyebab Overheat Mesin Mobil

0 1376

Penyebab Mesin Mobil Panas, Overheating merupakan salah satu masalah pada mobil yang dapat dialami semua jenis mobil, tidak memandang mobil keluaran lama maupun baru. Umumnya masalah tersebut bisa terjadi lantaran pemilik kendaraan lalai dalam melakukan perawatan komponen pendinginan mesin.

Lalu apa saja yang membuat suhu mesin menjadi lebih panas dari angka idealnya? Berikut adalah penyebab-penyebabnya berdasarkan informasi yang dirilis Toyota Astra:

1. Kurangnya cairan pendingin

Ini merupakan penyebab umum yang mengakibatkan mesin mobil mengalami overheating. Kurangnya volume coolant pada kendaraan akan menyebabkan proses pendinginan tidak dapat bekerja dengan baik dan membuat mesin semakin panas. Oleh karenanya, ada baiknya untuk memeriksa volume cairan pendingin secara teratur. Agar lebih aman, lakukan pengecekan saat mesin masih dingin.

Penyebab Overheat Mesin Mobil 2

2.Kipas mesin mengalami kerusakan

Untuk memeriksanya, hidupkan mesin dan biarkan selama beberapa waktu sambil mencermati indikator suhu mesin. Apabila jarum indikator terus naik hingga melebihi batas normal, segera buka kap mesin dan perhatikan apakah kipas bekerja dengan baik. Apabila kipas tidak berputar, bisa jadi komponen tersebut rusak atau ada jaringan kabel yang bermasalah.

3. Thermostat tidak bekerja dengan baik

Selain dua hal di atas, tidak berfungsinya thermostat merupakan penyebab mengapa mesin mengalami overheating. Apabila mobil Anda menggunakan fan-belt sebagai penggerak kipas, periksalah kondisinya. Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah radiator. Untuk mobil yang telah menempuh jarak 80 ribu kilometer, umumnya mulai muncul kerak pada radiator dan tersumbatnya saluran pada radiator. Untuk mencegahnya, kuraslah sistem pendingin setiap satu tahun sekali.

Source: penyebab mesin, mobil crv mesin cepat panas, mobil datsun panas, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply