Home Motor Posisi Berkendara yang Baik dan Benar bagi Pengendara Motor

Posisi Berkendara yang Baik dan Benar bagi Pengendara Motor

0 1848

Trik Posisi Mengendarai Motor, Posisi anggota tubuh ketika berkendara merupakan salah satu faktor yang menunjang keselamatan berkendara. Oleh karena itu jangan pernah mengabaikan posisi berkendara yang baik dan benar.

Berdasarkan penjelasan yang disampaikan oleh Aldea Henry, Instruktur Safety Riding Main Dealer Honda Jawa Barat PT Daya Adicipta Mustika (DAM), posisi tangan yang benar saat berkendara adalah dengan mengepal di setang. Usahakan tidak ada jari tangan yang keluar dari kepalan.

“Kalau tidak menggunakan rem itu, diusahakan tangan mengepal di setang dengan full Jadi, handling akan full,” jelas Aldea.

Aldea menambahkan, apabila sebagian jari berada di tuas rem, tidak menutup kemungkinan pengendara akan menarik tuas rem secara tidak sadar. Hal ini tentu dapat membingungkan pengendara lain yang ada di belakang.

Tips Posisi Mengendarai Sepeda Motor 2

Hal ini juga berlaku untuk pengendara motor berkopling. Disarankan pengendara mengepalkan tangan kirinya di setang saat tidak menggunakan kopling.

“Harus full, ketika mau memfungsikan baru (jari bisa keluar dari kepalan). Jadi kalau misalkan tidak memfungsikan stand b saja (di setang) full. Karena handling sepeda motor itu semuanya ada di setang. jadi kalau misalkan stangnya tidak maksimal, otomatis keadaan darurat enggak akan maksimal kita kendalikan,” kata Aldea.

Posisi kaki juga tidak boleh diabaikan. Untuk motor matic, kaki harus berada di deck seluruhnya. Posisi paha, lutut hingga kaki harus sejajar dan tidak dianjurkan keluar dari bodi depan.

Sementara sepeda motor tipe sport, posisi paha harus menjepit tangki bensin. Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan motor. Disamping itu, posisi kaki posisi kaki sebisa mungkin stand by di pedal persneling dan rem belakang.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply