Home Motor Motor Vespa Tips Memperbaiki Rem Macet pada Vespa S150ie

Tips Memperbaiki Rem Macet pada Vespa S150ie

Trik Mengatasi Rem Macet pada Vespa S150ie, Rem merupakan salah satu komponen terpenting pada sepeda motor. Seiring berjalannya waktu dan bertambahnya usia komponen rem masalah bisa saja datang tak terduga.

“Masalah di rem depan bukan cuma karena kampasnya sudah habis, kotoran atau lumpur bisa menghambat kinerja di dalam kaliper, apa lagi musim hujan begini. Tanda yang paling gampang dikenali bagel alias keras saat tuas rem ditarik,” jelas Angga dari bengkel Maxia Scooter (MS).

Hal ini juga dapat menimpa pada motor Vespa S150ie. Apabila Anda merasakan gejala rem macet, ada baiknya untuk segera membongkar rem dan membersihkannya. Beberapa peralatan yang diperlukan adalah obeng minus, kunci pas ring 10, L-6. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Tips atasi rem macet Vespa S150ie 2

  1. Periksa apakah minyak rem berkurang atau tidak dengan cara mengintip lingkaran lubang kaca di master rem. Jika minyak rem masih memadai, cek bagian kaliper. Caranya bongkar roda depan dengan L-6 sebanyak lima baut, kemudian lepas dua baut kaliper dengan kunci L-6.
  2. Setelah itu, lepas kedua kampas rem dengan cara menarik batang penahan kampas rem menggunakan tang runcing. Maka akan terlihat piston pendorong kampas rem menjepit cakram. Selanjutnya tarik piston pada kaliper dengan tang.
  3. “Setelah itu cuci dengan sabun colek di pistonnya agar kerak lumpur minggat, akalu perlu gunakan amplas halus 1500 sambil digosok perlahan pada permukaan luar piston,” papar Amoy, seorang mekanik dari bengkel MS.
  4. Apabila sudah selesai, pasang rem seperti semula. Jangan lupa untuk membuangangin palsu di dalam kaliper. Caranya dengan mengocok tuas rem berulang kali dan tahan sambil membuka baut buangan menggunakan kunci ring 10. Hal ini dilakukan agar minyak terdorong keluar melalui selang bersama angin palsu.

Source: cara cek rem belakang vespa, cara membenarkan rem depan vespa, cara membetulkan rem gancet vespa, cara memperbaiki rem belakang vespa, kampas rem vespa macet, solusi rem depan vespa ngunci, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply