Home Motor Cara Mengatasi Stres Saat Mengemudi

Cara Mengatasi Stres Saat Mengemudi

0 1267

Trik Mencegah Stres Saat Berkendara, Mengemudi tidak selalu berkaitan dengan kesiapan kendaraan saja, namun juga kondisi batin dari pengemudi. Umumnya pada saat melakukan perjalanan, stres merupakan masalah yang kerap muncul menghantui pengemudi. Hal inilah yang dapat mempengaruhi perilaku saat mengemudi.

Menurut Juliana Murniati, Psikolog dan Dekan Fakultas Psikologi Atma Jaya, pria lebih berpotensi bertindak agresif, misalnya mengemudi ugal-ugalan dan melanggar lalu lintas. Lain halnya dengan wanita, kaum hawa umumnya lebih sering duduk di bangku penumpang sekaligus sebagai penjaga kestabilan emosi di dalam kabin.

“Stress menimbulkan emosi. Selain itu juga kehilangan kontrol, misalnya karena bertemu macet, hujan besar, lubang besar atau sepeda motor. Inilah yang membuat pengemudi merasa helpless,” papar Juliana ketika menyampaikan materi coaching clinic smart driving di Jakarta belum lama ini.

Tips Atasi Stres Ketika Mengemudi 2

Bagaimana cara mengatasi stres saat mengendarai kendaraan? Juliana menjelaskan, cara pertama yang dilakukan adalah mencari tahu tipikal diri sendiri. Cermati hal-hal apa saja yang dapat mengakibatkan stres saat mengemudi. Setelah itu barulah peluang modifikasi emosi diri dapat diterapkan.

Juliana menambahkan, setiap emosi yang ada dianalisa apa saja yang menyebabkan stres muncul, kapan waktunya, dan bagaimana kejadiannya. “Misalnya emosi itu muncul saat kita sedang berkendara menuju kantor atau mungkin ketika disusul sepeda motor. Kita mesti cari tahu,” jelas Juliana.

Pada saat-saat dimana emosi tersebut bisa muncul, disaat itulah kita harus bisa bersikap lebih sabar. Solusi dari permasalahan tersebut harus kita cari sendiri tanpa melibatkan orang lain. Selain itu disarankan untuk selalu mencermati kesalahan saat mengemudi sehingga terlatih untuk berkendara secara baik.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply