Home Modifikasi Motor Trik Menghemat BBM pada Motor dengan Gear Set

Trik Menghemat BBM pada Motor dengan Gear Set

0 2485

Cara Menghemat Bahan Bakar Sepeda Motor, Ada bermacam cara yang dapat dilakukan untuk menekan konsumsi bahan bakar sepeda motor. Misalnya dengan mencampurkan bensin premium dan pertamax dalam ukuran tertentu, memperhatikan cara berkendara ataupun melakukan ubahan pada komponen-komponen tertentu.

Dari sekian cara menghemat bahan bakar yang bisa digunakan, Anda dapat menerapkan trik yang satu ini. Yakni dengan cara menambah atau mengurangi sebanyak satu sampai dua gigi gir pada motor Anda. Teknik ini merupakan salah satu alternatif bagi Anda yang ingin menghemat anggaran untuk membeli bahan bakar.

Bagaimana hal tersebut dapat menghemat konsumsi bahan bakar? Untuk mengetahuinya, kita perhatikan rumus persamaan dasar untuk perhitungan gir ratio. Rumusnya adalah jumlah gigi belakang dibagi dengan jumlah gigi depan. Hasil pembagian tersebut merupakan drive ratio.

Tips Hemat BBM Motor dengan Gear Set 1

Dengan menggunakan rumus tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa menambah jumlah mata gir akan menurunkan top speed, namun disisi lain akan menambah akselerasi awal. Begitu juga sebaliknya, mengurangi jumlah mata gir akan mengurangi akselerasi awal namun akan menambah top speed motor Anda.

“Agar gear set dapat mempengaruhi penggunaan bahan bakar, kita harus jeli melihat kondisi jalan yang kita lewati sehari-hari, jika banyak melalui jalanan macet yang butuh stop and go menambah jumlah gigi akan lebih menguntungkan,” papar Hasan, mekanik dari Hasan Motor yang bertempat di bilangan Kelapa Dua, Jakarta Barat.

Source: apaksh final gear mempengaruhi bahan bakar, benarkah pake gir set dri yg standar akan boros bbm, gambar gear sepeda montor, ger motor, menghemat gigi tarik motor, modif gear motor agar irit bensin, perhitungan rantai irit bahan bakar, tips mainkan ratio gear motor biar irit bbm, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply