Home Motor Cara Menguras Minyak Rem Motor yang Baik dan Benar

Cara Menguras Minyak Rem Motor yang Baik dan Benar

0 1215

Tips Menguras Minyak Rem Motor, Kondisi minyak motor merupakan salah satu hal yang tidak boleh diabaikan. Umumnya masa pakai minyak rem lebih lama, yaitu 1 hingga 2 tahun sebelum harus diganti. Namun kadang kala orang lupa atau bahkan malas untuk memeriksanya.

Sebagai pengingat, minyak rem terdiri dari cairan kimia yang dapat berubah karena faktor lingkungan maupun suhu. Pada suhu tertentu, minyak rem dapat menguap dan menghambat pompa rem. Hal ini tentu membahayakan bagi pengguna motor. Untuk mencegah hal tersebut, dianjurkan untuk mengganti minyak rem motor apabila warna dan tingkat kekentalannya telah berubah.

Apabila Anda ingin mengganti minyak rem, hal pertama yang dilakukan adalah membuka tutup master rem. Lindungi bagian sekitar tabung dengan lap bersih atau kain. Ini harus Anda lakukan karena minyak rem dapat merusak body motor Anda. Setelah itu masukkan minyak rem ke dalam tabung perlahan-lahan.

Tips Ganti Minyak Rem Sepeda Motor 2

Kemudian, pasanglah slang pada nipel kaliper rem. Pompa handle rem beberapa kali hingga terasa keras. Hal ini dilakukan agar udara yang terjebak di dalam tabung dapat keluar.

Tahan handle dan kendorkan nipel kaliper secara perlahan hingga minyak rem dan gelembung udara keluar. Setelah itu kencangkan kembali baut nipel tersebut.

Selesai melakukan langkah tersebut, tekan lagi slang beberapa kali agar udara yang tersisa dapat keluar. Aturlah jarak main remnya kemudian tutup kembali master rem sebelum memeriksa kekerasan baut pada kaliper dan master rem. Apabila ada minyak rem yang menetes pada bagian body motor, segera bersihkan hingga bersih.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply