Home Motor Tips Merawat Injektor dan Karburator Motor

Tips Merawat Injektor dan Karburator Motor

0 2693

Trik Rawat Karburator dan Injektor Motor, Perawatan komponen karburator dan injektor pada sepeda motor tidak boleh dianggap remeh. Komponen tersebut memiliki peran yang sangat penting, sehingga harus dirawat supaya performa motor tetap terjaga. Jika tidak dirawat, akan menyebabkan tarikan motor menjadi kurang bertenaga dan performa mesin menurun, bahkan konsumsi bensin menjadi boros.

“Karburator dibersihkan setiap menempuh jarak 3.000 km saat servis rutin. Slang bensin juga enggak ada salahnya dibersihkan agar suplai bensin dari tangki bensin ke karburator lebih lancar. Sedangkan pada motor injeksi, injektor dibersihkan setiap menempuh jarak 10.000 km dan kelipatannya,” papar Andi Saputra, Service Advisor Yamaha Putera Pos Pengumben.

Tips Perawatan Karburator dan Injektor Motor 2

Andi menjelaskan, injektor harus dibersihkan apabila mulai timbul gejala brebet, tarikan berat, bensin boros maupun motor telat bensin. Di bengkel resmi Yamaha, ada dua metode membersihkan injektor, yaitu 3M Injector Cleaner dan injector cleaner & tester.

“3M Injector Cleaner membersihkan injector dengan cara diinfus pakai alat khusus (tanpa lepas injektor), sehingga ruang bakar juga ikut bersih. Sedangkan metode kedua dengan cara melepas injektor yang kemudian dibersihkan pada alat khusus yang disampingnya ada pembandingnya, yaitu injektor baru,” jelas pria yang bekerja di Jl. Raya Pos Pengumben, Jakarta Barat.

Steven Layz, pemilik bengkel Layz Motor mengatakan, biasanya dirinya menggunakan metode pembersihan yang pertama, yaitu dengan cara infus. “Cara membersihkannya, menggunakan injector cleaner yang dihubungkan lansung ke injektor. Kemudian mesin dihidupkan dalam kondisi langsam. Proses pengerjaannya sekitar 15 menit, performa kembali optimal,” ungkap Steven.

Source: injektor motor beat, membersihkan injektor aerox 155, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply