Modifikasi Dashboard Mobil Dapat Ganggu Fungsi Airbag?

Loading...

Tips Modifikasi Dashboard Mobil, Pada beberapa mobil baru biasanya telah dilengkapi dengan fitur keselamatan kantong udara atau disebut juga dengan airbag. Fitur ini memiliki peran yang sangat penting untuk melindungi para pengguna mobil saat kendaraan mengalami tabrakan.

Loading...

Oleh karena itu, berhati-hatilah jika ingin memodifikasi dashboard mobil dengan menggunakan pelapis tambahan. Sebab hal tersebut bisa saja menghambat fungsi kantong udara.

Edy, dari bengkel modifikasi inerior Vertue Concept menjelaskan, hal tersebut wajib diperhatikan karena bisa jadi pemilik kendaraan atau pihak bengkel kurang cermat, sehingga seluruh bagian dashboard tertutup oleh pelapis. Hal ini tentu membuat kantong udara tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya ketika dibutuhkan.

Dampak Negatif Modifikasi Dashboard Mobil 2

“Logika dasarnya seperti itu, memang belum ada pengujian tapi kita tidak pernah merekomendasikan melapisi dashboard, kalau mau lebih baik di cat saja,” kata Edy.

Edy menambahkan, meskipun ketebalan pelapis hanya satu milimeter, dapat menyulitkan proses pemasangan. Sekedar informasi, dashboard merupakan bagian mobil yang sulit untuk dibongkar maupun dipasang. Begitu juga dengan setir kemudi, di mana kantong udara utama untuk pengemudi berada.

Disamping berfungsi sebagai pelindung beberapa perangkat keras pada mobil, kabin dashboard juga memiliki estetika yang mempengaruhi desain interior untuk kenyamanan pengguna. Itulah mengapa banyak pemilik mobil yang memperindah tampilan dashboard kendaraannya dengan baragam cara. Salah satunya adalah dengan meletakkan dekorasi. Akan tetapi jangan meletakkan dekorasi di atas tempat penyimpanan kantong udara, agar tidak mengganggu fungsi fitur keselamatan tersebut.

Loading...