Home Motor Kerugian Menggunakan Piggyback dan CDI pada Motor

Kerugian Menggunakan Piggyback dan CDI pada Motor

0 2577

Keuntungan Piggyback dan CDI pada Motor, Umumnya komponen piggyback berfungsi untuk memanipulasi data dari sensor yang masuk ke ECCM. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak pemilik motor injeksi yang membenamkan komponen tersebut pada kendaraannya. Pihak penjual mengklaim, penyematan piggyback akan membuat performa motor lebih maksimal dengan tingkat konsumsi bahan bakar yang irit. Lalu, benarkah pernyataan yang diungkapkan para penjual tersebut?

“Keuntungan (pasang) piggyback memang meingkatkan akselerasi sebanyak 10 persen. Namun, konsumsi bahan bakar untuk motor standar jadi boros,” terang Tomy Huang, pemilik produk CDI bermerek BRT.

Dampak Piggyback dan CDI pada Motor 2

Tomy menjelaskan, pada mesin motor standar, komponen aftermarket tersebut tidak berfungsi untuk mengoptimalkan sektor pengapian, melainkan mengubah sinyal sensor-sensor untuk memperkaya bahan bakar sehingga membuat akselerasi motor meningkat. Dengan demikian, pasokan bahan bakar yang dibutuhkan di ruang bakar semakin besar. Hal inilah yang membuat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

“Untuk mesin standar pakai piggyback, pengaruh akselerasinya enggak begitu terasa dan bahan bakar cukup irit. Tapi, konsekuensinya mesin cepat overheat,” jelas Freddy, pemilik Ultra Speed Racing yang bertempat di Jl. Panjang, Jakarta Barat.

Penggunaan CDI racing banyak dilakukan oleh pemilik motor pada era karburator. Keuntungan yang diperoleh adalah membuat tingkat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat dan mendongkrak akselerasi motor tanpa menaikkan spuyer (main jet atau pilot jet). Sebab perangkat CDI racing bekerja di sektor pengapian, sehingga pembakaran yang terjadi di ruang bakar menjadi lebih maksimal.

“Keiritan pakai CDI racing bisa sampai 20 sampai 30 persen dan performa naik 10 persen. Dengan catatan kondisi mesin masih standar pabrik,” jelas Tomy Huang.

Source: pengaruh cdi racing pada motor standar, cara pasang cdi ganda, double cdi, pasang cdi ganda, kelemahan piggyback, kelemahan pake dua cdi, caea pasang cdi ganda di moror, kelebihan kekurangan menggunakan cdi racing, kelebihan dari double cdi, kelebihan dan kekurangan menggunakan 2 cdi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply