Home Motor Tips Mengatur Kekencangan Rantai Motor yang Baik dan Benar

Tips Mengatur Kekencangan Rantai Motor yang Baik dan Benar

0 2722

Cara Mengencangkan Rantai Sepeda Motor, Memeriksa kekencangan rantai sepeda motor merupakan hal yang harus rutin dilakukan. Jika dilihat sekilas, melakukan setting rantai motor adalah hal yang mudah. Terlebih lagi bagi pemilik kendaraan yang lebih memilih untuk menyerahkan pekerjaan ini kepada bengkel. Tetapi sebenarnya pekerjaan mengatur kekencangan rantai motor bukanlah hal yang mudah.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengencangkan rantai motor. Jadi tidak hanya sebatas memperhatikan kendur atau kencang semata. Anda harus memperhatikan kelurusan roda belakang dan roda depan agar terhindar dari hal yang tidak diharapkan.

Cara Mengencangkan Rantai Motor 2

Apabila Anda ingin mengencangkan rantai motor Anda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah melonggarkan semuruh baut yang terhubung dengan proses ini. Antara lain baut penjepit rantai, baut as roda belakang, baut nomor 17, baut pengatur ketegangan rantai dan baut nomor 10.

Langkah selanjutnya, guncangkan roda belakang sampai kelurusan roda belakang dapat terlihat dan posisinya sama seperti roda depan. Disamping itu periksa dan pastikan garis indikator sebelah kiri dan kanan berada pada posisi yang sama.

Setelah itu, kencangkan baut penjepit rantai perlahan-lahan, tetapi jangan mengaturnya terlalu kencang. Atur ketegangan roda belakang sesuai dengan ketentuan pabrik motor Anda dengan mengatur baut nomor 10. Jika langkah tersebut selesai dilakukan, Anda bisa mengencangkan seluruh baut.

Sebagai pengingat, baut nomor 17 harus terpasang kuat. Karena baut tersebut berperan menyangga roda belakang pada motor Anda. Apabila baut tersebut tidak dipasang dengan kuat, dapat mengakibatkan roda tidak stabil.

Source: cara mengencangkan rantai motor, cara melonggarkan rantai motor, cara mengencangkan rantai yamaha r15, cara mengencangkan rante ninja rr, cara stel rantai r15, mengecangkan rantai ninja rr, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply