Home Mobil Mengganti Velg Mobil Atau Motor, Jangan Dicongkel!

Mengganti Velg Mobil Atau Motor, Jangan Dicongkel!

0 2827

Tips Mengganti Velg Mobil atau Motor, Ketika mengalami ban bocor atau mengganti ban baru karena ban lama sudah tidak layak pakai, mau tidak mau kita harus melepas karet ban dari velg. Khususnya untuk ban sepeda motor merupakan PR tersendiri karena biasanya terjadi dalam keadaan darurat seperti ban bocor atau tidak memiliki peralatan yang diperlukan seperti mesin tire changer. Pemilik kendaraan biasanya akan mencongkel ban dengan obeng misalnya, padahal jika dicongkel-congkel velg bisa penyok.

“Untuk memasang ban dan melepas ban baik mobil baru ataupun mobil bekas jangan dicongkel-congkel. Tapi pakai tire changer, jika tidak menggunakan tire changer kadang bisa menyebabkan cacat di velg atau bibir ban,” kata Safi Saelendra dari Sale Distributor Chemco Cast Wheel.

Dengan menggunakan mesin tire changer dapat menjaga kualitas kelok ban dan velg, sehingga usia penggunaan ban dan velg lebih lama dan lebih aman digunakan. Jika velg cacat karena dicongkel-congkel, terlebih lagi tenaga tukang congkel ban yang besar maka kemungkinan ban sobek atau velg yang penyok menjadi lebih besar. Maka ban akan lebih mudah bocor. “Jika bibir velg penyok atau robek dan secara otomatis ban akan lebih mudah bocor,” tambah Safi.

Cara Mengganti Velg Mobil

Kerusakan velg milik Chemco sendiri bukanlah hal yang dikesampingkan oleh PT Alcar Chemco Indonesia yang memproduksinya. Kebanyakan mereka yang melakukan klaim adalah disebabkan oleh mencongkel-congkel ban. Oleh karena itu mereka tidak bisa mendapatkan klaim karena memang untuk mengganti ban harus menggunakan mesin tire changer agar tidak merusak velgj, tentunya juga harus disesuaikan dengan ukuran ban mobil atau motor yang hendak diganti. “Hal tersebut bukan disebabkan kecacatan produk, misalnya saja karena kesalahan pemasangan saat memasang di bearing yang jelek, saat dimasukkan, bearingnya rontok sehingga rumah bearingnya kena,” tambah Safri lagi.

Source: velg mobil, modif velg mobil untuk motor, cara memasang velg mobil pada motor, cara mengaplikasikan pelek mkbil ke motor, cara modif motor pake pelek mobil, 

Pria kelahiran Mojokerto 34 tahun silam ini sebelumnya pernah berkerja di perusahaan media cetak tanah air pada tahun 2008 hingga 2013 dan mendirikan Indonesiautosblog.com untuk melanjutkan hasrat menulisnya tentang dunia otomotif.

Leave a Reply