Home Motor Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Jitu

Cara Membersihkan Karburator Motor dengan Jitu

0 2143

Trik Membersihkan Karburator Motor, Keberadaan komponen karburator pada sepeda motor tidak dapat terpisahkan. Komponen ini berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara dalam ukuran tertentu, yang selanjutnya disalurkan ke dalam ruang pembakaran (silinder).

Apabila karburator mengalami masalah, semisal kemasukan air, akan membuat mesin motor sulit untuk dinyalakan. Oleh karena itu kondisi komponen ini harus selalu dirawat agar motor tidak bermasalah.

Apabila Anda ingin membersihkan karburator, ada beberapa hal yang harus dilakukan. Pertama-tama lepaskan filter udara pada mulut karburator. Untuk membersihkan filter udara ini Anda dapat menggunakan cairan pembersih dan biarkan filter hingga benar-benar kering.

Tips Bersihkan Karburator Sepeda Motor 1

Langkah berikutnya, lepaskan seluruh baut pengikat karburator. Kemudian bersihkan komponen tersebut dengan meakai kuas secara perlahan dan semprol dengan menggunakan udara bertekanan tinggi.

Untuk menghilangkan kotoran pada spuyer Anda bisa menggunakan amplas halus. Namun perlu diingat, bersihkan komponen tersebut dengan hati-hati. Apabila tidak hati-hati, bisa jadi bukan kebersihan yang didapat, melainkan diameter spuyer yang berubah.

Jangan lupa untuk mengatur ketinggian pelampung bensin sebelum Anda memasang karburator pada tempatnya. Gunakanlah jangka sorong atau stigmat untuk mengukur ketinggian. Setelah selesai melakukan langkah tersebut, pasang kembali seluruh bagian karburator beserta baut pengikatnya.

Demikian tips membersihkan karburator pada motor. Merawat komponen-komponen motor secara teratur tidak hanya membuat performa motor tetap prima, namun juga membuat perjalanan Anda menjadi menyenangkan.

Source: cara membersihkan karburator dengan jitu, Cara mengukur tinggi pelampung karburator, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply