Home Mobil Keuntungan Menggunakan Nitrogen pada Ban Kendaraan

Keuntungan Menggunakan Nitrogen pada Ban Kendaraan

0 1480

Kelebihan Nitrogen Untuk Ban Motor dan Mobil, Rupanya menggunakan gas nitrogen pada ban kendaraan memiliki beberapa kelebihan bila dibandingkan dengan menggunakan oksigen dan udara. Salah satunya adalah mampu menjaga keseimbangan tekanan ban baik pada kondisi panas maupun dingin. Selain itu performa ban kendaraan menjadi lebih maksimal.

Jimmy Handoyo yang menjabat sebagai Kepala Departemen Teknis di produsen ban nasional FDR mengatakan, ada sejumlah keuntungan jika menggunakan nitrogen pada ban kendaraan.

“Nitrogen itu kan molekulnya lebih besar ketimbang molekul yang dimiliki oleh angin biasa yaitu oksigen dan udara. Karena molekul yang lebih besar inilah yang membuat teakannnya cenderung stabil meski temperatur permukaan ban mengalami peningkatan. Makanya punya efek besar pada maksimalisasi performa ban motor,” jelas Jimmy.

Kelebihan Gas Nitrogen Untuk Ban Kendaraan 1

“Lalu bahannya juga lebih ringan ketimbang udara. Sehingga ketika membandingkannya dengan bobot dara biasa, tentunya akan sangat berbeda. Dengan begini bermanuver pun jadi lebih nyaman, ban jadi awet karena gesekan dengan permukaan bagian dalam ban jadi lebih ringan,” papar Jimmy.

Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan jika Anda ingin menggunakan nitrogen pada ban motor atau mobil Anda. Jangan pernah mencampur nitrogen dengan udara, sebab fungsi kandungan nitrogen tidak dapat bekerja maksimal apabila dicampur. Kemudian carilah tempat pengisian nitrogen yang terpercaya. Hal ini dilakukan karena maraknya label tabung nitrogen yang ternyata hanya berisi angin biasa.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply