Home Motor Perlengkapan Wajib Untuk Pengendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Perlengkapan Wajib Untuk Pengendara Sepeda Motor Saat Musim Hujan

0 1117

Perlengkapan Pengendara Motor Saat Musim Hujan, Memasuki musim hujan, berbagai persiapan harus dilakukan, baik dari segi sepeda motor maupun penggunanya. Hal ini wajib dilakukan sebab kondisi jalanan licin dan membutuhkan kewaspadaan yang lebih.

“Guyuran air hujan bukan hanya menjadikan pandangan terhalang, tetapi juga menjadikan jalanan tergenang dan licin sehingga memerlukan kehati-hatian dan kewaspadaan yang tinggi” jelas Maman Firmansyah, penggiat safety riding yang juga punggawa komunitas pemotor di Tangerang.

Maman menjelaskan, kewaspadaan dan kehati-hatian tidak sebatas memperhatikan kondisi jalan dan tidak ugal-ugalan di jalan saja. Namun juga dengan memakai perlengkapan standar keamanan berkendara.

perlengkapan pengendara motor saat hujan 2

“Begitu pun peralatan menunjang kenyamanan dan keamanan seperti kunci pas, kunci busi, dan lain-lain juga harus tersedia,” kata Maman.

Perlu diketahui, ada beberapa perlengkapan yang harus dicermati sebelum Anda berkendara dengan sepeda motor. Yang pertama-tama harus Anda perhatikan adalah helm. Pastikan helm yang Anda gunakan memiliki kualitas baik yang telah diuji oleh lembaga resmi nasional ataupun internasional.

“Karena helm itu berfungsi melindungi kepala. Dan fakta menunjukkan, penyebab kematian terbanyak saat terjadi keelakaan, baik tunggal maupun dengan pihak lain, akibat cidera di kepala,” ungkap pria yang merupakan mantan service advisor sebuah bengkel resmi sepeda motor.

Selain itu, perlengkapan berikutnya adalah sepatu. Maman menerangkan, menggunakan sepatu sebenarnya merupakan standar bersepeda motor yang wajib. “Sebab, dengan bersepatu tumpuan kaki ke lintasan yang basah lebih kuat. Sehingga, saat bermanuver lebih aman,” papar Maman.

Disamping menggunakan helm dan sepatu, ada baiknya untuk memakai sarung tangan yang tidak licin atau kesat. Sebab, dengan menggunakan sarung tangan yang kesat akan membuat daya cengkeram tangan ke setang lebih kuat, meskipun tersiram air hujan.

Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan cadangan busi, jas hujan, dan peralatan servis ringan yang meliputi kunci busi, obeng, tang, kunci pas dan ampelas.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply