Home Motor 4 Cara Mencuci Motor Injeksi yang Baik dan Benar

4 Cara Mencuci Motor Injeksi yang Baik dan Benar

0 2477

Tips Mencuci Sepeda Motor Injeksi, Motor dengan teknologi injeksi semakin diminati banyak orang. Teknologi tersebut sanggup menekan konsumsi bahan bakar minyak namun tetap memiliki performa maksimal.

Hal tersebut ditunjang oleh bermacam-macam komponen dan sensor. Komponen-komponen tersebut tersusun atas rangkaian elektronik yang rawan rusak jika terkena air.

Untuk menghindari hal tersebut, biasanya komponen injeksi pada motor dilindungi oleh pengaman khusus. Akan tetapi tidak selamanya pelindung tersebut mampu menangkal air masuk ke dalam komponen. Masuknya air ke dalam komponen bisa terjadi saat mencuci motor.

Tips Cuci Sepeda Motor Injeksi 2

Pada motor injeksi, terdapat tiga komponen yang digunakan. Pertama yaitu ECM (Electronic Control Module) yang merupakan otak dari teknologi injeksi. Tugasnya yaitu mengatur sensor dan injektor bahan bakar.

Berikutnya adalah throttle body yang berperan mengatur banyaknya udara di dalam mesin. Sementara yang ketiga addalah soket penghubung ECM dan sensor-sensor.

Oleh karena itu, mencuci motor injeksi harus dilakukan dengan tepat dan benar, tidak boleh sembarangan. Di bawah ini adalah beberapa tips yang dilansir dari Welovehonda:

  1. Pada umumnya komponen ECM ditempatkan di bawah jok, dekat dengan bagasi. Oleh karena itu, hindari untuk menyemprot air ke bagian kolong jok dan roda belakang secara terus-menerus. Ada baiknya untuk menyeka terlebih dahulu dengan sikat atau lab dan dibilas secukupnya hingga terlihat bersih.
  2. Ketika mencuci fairing, jangan menyemprotkan air dari bawah ke atas agar throttle body terhindar dari siraman air.
  3. Hal tersebut juga berlaku untuk soket yang terletak di sekitar fairing dan bawah jok pengendara.
  4. Disarankan untuk mencari tahu di mana letak ketiga komponen tersebut. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kerusakan pada komponen-komponen tersebut saat Anda mencuci motor.

Source: cara bersihkan throttle mx king, mencuci motor r15 new, membersihkan motor r15, komponen yg ada di bawah bagasi beat fi esp, kelemahan injektor mx king, gimana cara cuci injeksi motor jupitermx 150, fungi cuci motor injection, cuci motor r15, cuci jok beat fi, cara mencucu motor NEW R15, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply