Home Motor Tips Merawat Aki Sepeda Motor Secara Sederhana

Tips Merawat Aki Sepeda Motor Secara Sederhana

0 2003

Trik Merawat Aki Basah dan Aki Kering Motor, Para pemilik kendaraan bermotor tentu tidak asing dengan peranti aki. Aki merupakan salah satu komponen yang memiliki peran sangat penting pada motor. Karena aki bertugas untuk memenuhi kebutuhan listrik dari sebuah motor.

Pada umumnya aki terdiri dari dua jenis, yaitu aki basah dan aki kering. Motor-motor terbaru kebanyakan telah menggunakan aki kering. Lain halnya dengan motor-motor lama yang menggunakan aki basah. Sama seperti komponen motor lainnya, aki juga membutuhkan perawatan khusus agar tahan lama. Aki yang awet tentu akan membuat pengendara lebih nyaman saat melakukan perjalanan.

Tips Merawat Aki Sepeda Motor 2

Lalu bagaimana cara merawat aki motor agar awet dan tahan lama? Berikut adalah beberapa tips merawat aki yang dilansir dari Welovehonda:

  1. Pertama-tama, cermati ketinggian air aki. Pastikan air aki selalu berada di atas garis low level. Apabila berada di bawah garis, segera tambah air aki. Sebisa mungkin jangan sampai air aki benar-benar habis sebab hal tersebut dapat menurunkan masa pakai dari aki tersebut.
  2. Sesudah melakukan perjalanan, dianjurkan untuk mematikan lampu terlebih dahulu sebelum mematikan mesin motor Hal ini dilakukan agar aki tidak mendapat beban berat saat motor dihidupkan kembali.
  3. Sesekali ada baiknya Anda membersihkan bagian isi aki dengan cara mengurasnya dengan menggunakan air hangat. Apabila selesai dikuras, keringkan aki terlebih dahulu sebelum diisi dengan air aki. Setelah itu cas selama kurang lebih dua jam.
  4. Sedangkan untuk motor yang menggunakan aki kering perawatannya lebih sederhana. Salah satunya dengan melepas kabel negatif pada aki jika motor tidak digunakan dalam waktu yang lama.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply