Home Motor Trik Membersihkan Kabel Gas Motor

Trik Membersihkan Kabel Gas Motor

0 1704

Cara Membersihkan Kabel Gas Motor, Dari sekian banyak komponen yang ada pada sepeda motor, tuas gas adalah salah satu komponen yang mudah dirawat. Kendati demikian tuas gas tetap memerlukan perawatan. Apabila tidak dirawat tuas gas akan terasa berat saat ditarik dan tidak mau kembali ke posisi awal.

Agar tidak terjadi masalah semacam itu, dianjurkan untuk merawat tuas gas setiap dua kali dalam satu tahun. Pada umumnya, kabel gas yang terasa berat disebabkan oleh menumpunya kotoran di dalam kabel. Berikut adalah beberapa tips untuk membersihkan kabel gas:

Tips Bersihkan Kabel Gas Motor 2

  1. Sediakan pelumas atau cairan pembersih semisal WD-40. Pertama-tama bukalah selongsong kabel yang menempel pada tuas gas. Kemudian masukkan oli atau cairan pembersih ke dalam selang kabel, lalu diamkan selama beberapa saat.
  2. Untuk menguras oli yang tercampur dengan kotoran di dalam selang, Anda dapat memanfaatkan minyak sayur. Caranya ambil beberapa sendok minyak sayur dan masukkan ke dalam selang.
  3. Apabila telah selesai, bersihkan sisa oli dan minyak yang menempel. Pastikan kotoran di dalam telah hilang dengan cara menarik tuas gas beberapa kali. Apabila masih terasa berat, Anda dapat mengulangi langkah satu dan dua sampai tuas gas terasa lancar.
  4. Cara tersebut juga bisa Anda pakai pada kabel kopling yang diaplikasikan pada motor sport maupun kabel rem yang menggunakan model teromol.

Demikian beberapa tips singkat membersihkan kabel gas motor. Dengan kabel gas yang terawat, pastinya membuat perjalanan Anda terasa lebih menyenangkan dan tidak melelahkan.

Source: membersihkan kabel rem motor metik, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply