Home Motor Cara Memperbaiki Motor Mati Secara Tepat

Cara Memperbaiki Motor Mati Secara Tepat

0 2149

Trik Mengatasi Motor Mogok, Mungkin anda pernah mengalami motor yang sedang anda kendarai mogok di tengah jalan. Salah satu hal yang membuat motor mogok adalah hilangnya pengapian. Sejatinya percikan api di dalam pengapian berfungsi untuk membakar uap bahan bakar yang masuk ke dalam ruang pembakaran.

Namun apabila api hilang, proses pembakaran dan mesin tidak akan hidup. Ada beberapa cara untuk mengetahui penyebab hilangnya api. Berikut adalah beberapa komponen motor yang harus anda periksa:

Tips Mengatasi Sepeda Motor Mogok 1

Busi
Untuk mengetahui apakah busi berfungsi dengan baik atau tidak adalah dengan melepas busi, mendekatkannya dengan blok mesin dan tekan tombol starter. Apabila busi memercikkan api berwarna biru, itu berarti kondisi busi masih baik. Namun jika percikan api berwarna merah, segera ganti busi baru yang sesuai dengan spesifikasi motor anda.

CDI
Komponen ini biasanya jarang mengalami kerusakan kecuali korsleting atau diganti dengan CDI aftermarket. Apabila motor anda menggunakan cdi aftermarket, gantilah dengan CDI standar. Jika mesin dapat menyala, maka CDI aftermarket menjadi penyebab motor mogok.

Rumah kontak
Peranti ini dapat mengakibatkan hilangnya pengapian bila soket terlepas atau terdapat material yang aus. Untuk memeriksanya gunakan tes pen, dan ganti jika mengalami kerusakan.

Sepul
Apabila seluruh komponen tersebut masih dalam kondisi baik, namun motor tetap mogok, bisa jadi kerusakan terjadi pada sepul. Ciri-ciri sepul rusak adalah terdapat bekas gosong pada komponen tersebut. Jika anda mendapati ciri tersebut, gantilah sepul motor dengan yang baru.

Source: soket cdi grand, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply