Home Mobil Tips Memilih Oli Mobil dengan Cermat dan Tepat

Tips Memilih Oli Mobil dengan Cermat dan Tepat

0 989

Trik Memilih Pelumas Untuk Mobil, Banyak orang yang tidak paham mengenai oli mesin yang sesuai untuk mobilnya. Tak jarang orang memilih oli berdasarkan harga yang ditawarkan.

Akan tetapi hal tersebut bukanlah keputuan yang tepat, sebab belum tentu oli yang mahal dan berkualitas cocok untuk digunakan pada semua jenis mobil. Untuk mengetahui oli mana yang cocok untuk kendaraan, cermatilah kode-kode yang tertera di label oli.

Biasanya Anda akan melihat kode SAE yang disertai dengan dua angka. SAE merupakan singkatan dari Society of Automotive Engineering yang merupakan asosiasi para ahli otomotif di Amerika Serikat.

Cara Memilih Oli Untuk Mobil 2

Angka pertama dan kedua setelah kode SAE bermakna tingkat kekentalan sesuai dengan spesifikasi pabrik. Tingkat kekentalan dikategorikan dalam beberapa tingkat, yakni 0, 5, 10, 15, 20, 25, 30, 40, 50 dan 60. Sedangkan huruf W (Winter atau dingin) yang terletak di awal angka pertama memiliki arti tingkat kekentalan oli saat mesin dihidupkan pertama kali.

Untuk mengetahui tingkat kekentalan oli yang sesuai untuk mobil dapat dilihat dari usia mobil tersebut. Jika mobil berumur kurang dari lima tahun sejak pertama dibeli, maka oli yang sesuai adalah SAE 10W-40. Sebab jarak renggang antara dinding silinder dan kepala piston masih berada di angka 0,1-0,3 militer. Dengan demikian oli yang memiliki tingkat kekentalan lebih encer merupakan pilihan yang tepat agar kompresi mesin tetap optimal.

Sementara mobil yang telah berumur lebih dari lima tahun memerlukan oli yang lebih kental, seperti SAE 20W-50. Hal ini dikarenakan jarak renggang dinding silinder dan kepala piston telah melampaui 0,5 milimeter.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply