Home Mobil Kapan Waktu Ganti Oli Mobil yang Baik dan Tepat?

Kapan Waktu Ganti Oli Mobil yang Baik dan Tepat?

0 1106

Waktu yang Tepat Untuk Ganti Oli Mobil, Umumnya informasi tentang waktu penggantian oli mesin telah dicantumkan pada buku petunjuk mobil. Banyak pabrikan mobil yang menganjurkan penggantian oli berdasarkan jarak tempuh yang dicapai kendaraan itu. Jadwal penggantian oli untuk mobil keluaran baru yang disarankan adalah saat mobil telah menempuh jarak 10.000 km, sedangkan untuk mobil keluaran lama 5.000 km.

Berdasarkan kabar yang dirilis oleh Autoguide, jadwal penggantian oli mesin tidak wajib mengikuti saran pabrik. Salah satu alasannya karena menurunnya kemampuan oli untuk melumasi mesin disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kondisi lalu lintas yang dilalui oleh mobil tersebut.

Tips Ketahui Waktu Untuk Ganti Oli Mobil 2

Apabila mobil yang digunakan sering melintasi jalanan perkotaan yang cenderung macet, maka penggantian oli dilakukan di kisaran 10.000 km untuk mobil baru. Sedangkan jika mobil sering melalui tol dan melaju dalam kecepatan konstan, pengantian oli dapat dilakukan setelah mobil menempuh jarak di atas 10.000 km.

Selain itu, jenis oli yang digunakan merupakan faktor yang mempengaruhi. Seperti yang diketahui, banyak produsen oli yang memasarkan pelumas yang diklaim memiliki umur pakai hingga lebih dari 15 ribu km. Lain halnya dengan oli yang dijual lebih murah. Umumnya oli tersebut hanya dapat digunakan hingga jarak tempuh 5 ribu km.

Untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk menganti oli, cermatilah spesifikasi oli yang hendak Anda gunakan. Bila pada oli tertera kode SAE (Society of Automotive Engineering) di atas 20W-50 dan memiliki banderol harga cukup murah, dianjurkan untuk menggantinya setiap 3-5 ribu km.

Sedangkan oli dengan SAE di atas 10W-40 dan dipakai pada mobil baru, usia pakai pelumas tersebut dapat mencapai 10 ribu km. Akan tetapi, jika mobil sering melalui jalanan yang macet, dianjurkan untuk menggantinya setiap 7.500 km.

Source: penggantian oli kendaraan, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply