Home Motor Cara Menangani Motor yang Terendam Banjir Secara Tepat

Cara Menangani Motor yang Terendam Banjir Secara Tepat

0 1142

Trik Mengatasi Motor yang Terendam Banjir, Musim hujan seperti saat ini membuat beberapa ruas jalan terendam air. Hal itu tentu menjadi masalah bagi pengendara sepeda motor yang melintasinya. Agar motor tidak mengalami kerusakan setelah terendam banjir, ada beberapa cara yang wajib Anda lakukan.

“Jika pemilik motor memiliki pengetahuan dan keterampilan bongkar pasang mesin dilakukan sendiri tak masalah. Tapi kalau tidak, jangan berspekulasi, sebaiknya dibawa ke bengkel,” jelas Supriyanto, Kepala Mekanik Subur Jaya Motor di Tangerang.

Berikut adalah teknik-teknik bongkar pasang mesin motor yang dapat Anda lakukan:

Tips Atasi Motor yang Terendam Banjir 2

1. Membuka mesin
Bukalah blok silinder beserta kepala silindernya, bak oli, bak kopling dan karburator jika motor Anda masih menggunakan karburator. Setelah itu bersihkan bagian tersebut, sementara untuk komponen berbahan logam disarankan untuk merendamnya dengan bensin. Untuk Anda pemilik motor matic, cermatilah apakah komponen di bak CVT terendam air atau tidak.

2. Ganti oli mesin
Ada baiknya untuk mengganti oli mesin jika motor terendam banjir. Hal ini bertujuan untuk mencegah kemungkinan oli yang tercampur air sehingga menyebabkan komponen mesin aus.

3. Cek sistem kelistrikan
Periksalah beberapa komponen kelistrikan seperti konektor kabel, spul, saklar, motor starter, fitting dan kabel lampu. Bersihkan dan keringkan komponen-komponen tersebut.

4. Bersihkan kampas rem
Besar kemungkinan kampas rem basah ketika melintasi genangan air. Hal tersebut dapat membuat kampas mengembang sehingga rem mengunci. Oleh karena itu bersihkan kampas rem dan keringkan hingga benar-benar kering.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply