Home Motor Cara Mengganti Brake Pads Motor Secara Singkat

Cara Mengganti Brake Pads Motor Secara Singkat

0 1366

Trik Mengganti Brake Pads Motor, Peranti rem merupakan bagian tak terpisahkan dari kendaraan bermotor, tak terkecuali sepeda motor. Sebab rem merupakan peranti keselamatan yang berfungsi untuk memperlambat ataupun menghentikan gerakan roda.

Pada sepeda motor, sistem rem dibagi menjadi dua jenis, yakni rem teromol (drum) dan rem cakram. Kini banyak produsen motor yang menyematkan rem cakram pada roda depan motor besutannya. Alasannya rem cakram memiliki daya cengkeram yang lebih mumpuni bila dibandingkan dengan rem tromol.

Tips Ganti Brake Pads pada Sepeda Motor 2

Namun, seiring pemakaian dalam waktu yang lama akan membuat brake pads mengalami keausan. Hal ini tidak boleh dianggap remeh, sebab bila tidak segera diganti dapat membuat cakram bergesekan dengan pads yang telah aus. Inilah yang mengakibatkan rusaknya piringan cakram.

Mengganti brake pads yang telah aus tidaklah rumit, Anda dapat melakukannya sendiri tanpa perlu membawanya ke bengkel. Hal pertama yang harus Anda siapkan adalah brake pads baru, obeng besar, kunci 8 dan kunci ‘L’ bintang.

Mula-mula, gunakan kunci 8 untuk mengendorkan baut pengikat brake pads. Setelah itu, bukalah dua baut bintang pada braket kaliper yang melekat pada bagian tabung shockbreaker. Jika kaliper telah terlepas, ganti pads yang aus dengan pads baru. Sebelum dipasang, dianjurkan untuk membersihkan kaliper dengan sikat kawat.

Apabila pads baru telah selesai dipasang dengan benar, pasang kembali kaliper seperti semula dan motor Anda siap untuk digunakan kembali. Itulah tips singkat bagaimana cara mengganti brake pads pada sepeda motor.

Source: cara ganti brake shoe motor beat, cara mengganti brake pad motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply