Home Mobil Cara Merawat Ban Mobil Saat Musim Hujan dengan Benar

Cara Merawat Ban Mobil Saat Musim Hujan dengan Benar

0 1170

Trik Merawat Ban Mobil Ketika Musim Hujan, Ban memegang peranan penting dalam hal keselamatan pengendara, terlebih lagi di musim hujan seperti saat ini. Dengan demikian memperhatikan kondisi ban merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Sarah Robinson, ahli keselamatan ban produsen ban Michellin menerangkan, menjaga kinerja ban merupakan hal yang mudah. Akan tetap hal tersebut tergantung kemauan dan wawasan pemilik mobil. Berikut penjelasan Robinson:

1. Rotasi ban
Ada baiknya untuk memindah posisi ban apabila mobil telah menempuh jarak 8.000-11.200 km. Pemindahan tidak anya memintah posisi dari depan ke belakang, namun juga memindah sisi luar dan dalam ban.

Tips Rawat Ban Mobil Saat Musim Hujan 2

2. Tekanan ban
Jangan lupa untuk memeriksa tekanan ban mobil. Pastikan tekanan sesuai dengan ketentuan pabrik untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan untuk memperpanjang umur ban.

3. Letakkan ban baru di roda belakang
Jika Anda hendak mengganti ban lama dengan ban baru, letakkan ban baru tersebut di roda belakang. Hal ini bertujuan untuk memberikan traksi yang lebih maksimal ketika kondisi jalanan basah, baik pada mobil penggerak roda depan, belakang ataupun penggerak empat roda.

4. Periksa ukiran di tapak ban
Cermati ukiran tapak ban dan pastikan tingkat ketebalannya masih di atas 50 persen. Apabila ketebalannya di bawah 50 persen, disarankan untuk segera menggantinya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Ukiran ban memiliki pengaruh daya cengkeram ban terhadap lintasan. Oleh karenanya jangan lupa untuk memeriksanya setiap tiga bulan sekali.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply