Home Motor Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

Cara Merawat Sepeda Motor Saat Musim Hujan

0 1344

Trik Merawat Motor Ketika Musim Hujan, Memasuki musim hujan, para pemilik motor harus memperhatikan dan merawat kondisi tunggangannya secara ekstra. Perlu diketahui, air hujan mengandung asam yang dapat menimbulkan masalah pada beberapa komponen motor.

Selamet, Quality Assurance PT Wahana Makmur Sejati (WMS) memiliki sejumlah tips seputar perawatan motor yang bisa Anda lakukan saat musim hujan.

1. Cuci sepeda motor
Setelah terguyur hujan, ada baiknya untuk mencuci motor guna menghilangkan noda yang menempel. Air hujan yang mengandung asam dapat merusak cat motor. Oleh karena itu jangan lupa untuk mencuci motor setelah terkena air hujan, meskipun hanya mengguyur sepeda motor dengan air bersih.

Tips Merawat Motor Saat Musim Hujan 2

2. Bersihkan rantai motor
Bersihkan rantai motor dengan air bersih setelah Anda melakukan perjalanan di bawah siraman hujan. Hal tersebut harus dilakukan untuk mencegah timbulnya karat pada rantai.

3. Kanvas rem atau piston cakram
Komponen ini juga tidak boleh luput dari perhatian. Untuk merawat kanvas rem, semprot komponen tersebut dengan air bersih kemudian hidupkan otor sembari menginjak pedal rem. Hal ini bertujuan untuk mengeringkan rem dan membersihkannya dari kotoran.

4. Bersihkan knalpot
Caranya, setelah Anda selesai mencuci motor, hidupkan dan panaskan mesin. Sesudah itu semprotkan oli ke dalam knalpot dan olesi leher knalpot dengan grease. Setelah itu, panaskan kembali mesin hingga 5 menit.

5. Bersihkan busi
Jangan lupa untuk membersihkan komponen yang satu ini. Sebab busi yang basah dapat menghambat pengapian saat motor dihidupkan.

6. Filter udara
Komponen ini berperan penting untuk membantu pembakaran bahan bakar pada mesin. Oleh karena itu bersihkan saringan udara, terutama jika sering terkena air.

7. Ganti oli mesin
Bukanlah hal yang mustahil jika air hujan dapat masuk dan tercampur dengan oli. Oleh karena itu ganti oli mesin jika motor Anda sering menerjang genangan air.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply