Home Mobil Tips Mengatasi Selang Radiator Mobil yang Bocor dengan Tepat

Tips Mengatasi Selang Radiator Mobil yang Bocor dengan Tepat

0 2694

Trik Mengatasi Selang Radiator Mobil Bocor, Memasuki musim liburan seperti saat ini menjadi salah satu momen yang tepat untuk berlibur. Bagi Anda yang hendak berlibur dengan mobil pribadi, ada beberapa hal yang harus Anda waspadai. Bukanlah hal yang mustahil jika saat perjalanan mobil tiba-tiba mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah bocornya selang radiator.

Adi Sasongko, Service Advisor Klinik Auto Baru yang bertempat di Pondok Aren Tangerang Selatan mengatakan, selang radiator pada mobil yang berusia di atas lima tahun rentan terhadap kebocoran. Sebab hawa panas yang timbul pada mesin dapat membuat karet melar. Hal inilah yang membuat karet rawan getas dan bocor.

Cara Atasi Selang Radiator Mobil Bocor 2

“Oleh karena itu, menyiapkan berbagai peralatan dan perlengkapan pendukukng untuk mengantisipasi masalah itu muncul, maka persoalan bisa dengan cepat diatasi,” jelas Adi.

Adi menjelaskan, saat hendak melakukan perjalanan jauh, ada baiknya untuk mempersiapkan beberapa alat seperti ban dalam bekas, lem Aibon, lem plastik, sealer, obeng plus, obeng minus, ember, gunting dan sabun colek.

Bocornya selang dapat dilihat dari indikasi air radiator yang berkurang dan indikator temperatur yang meninggi. Jika Hal ini terjadi, bawalah mobil ke tepi jalan. Setelah itu bukalah kap mesin dan tunggu hingga mesin dingin.

Langkah selanjutnya, cuci selang radiator dengan menggunakan sabun dan lap hingga bersih total. Oleskan lem plastik ke permukaan selang yang bocor. Kemudian gunting ban dalam bekas secukupnya untuk menambal selang yang bocor, lalu lekatkan.

Anda juga dapat mmengikat tambalan tersebut dengan karet, namun jangan menekannya terlalu kuat agar tidak terjadi kebocoran di bagian lain. Jika telah selesai, pasang kembali selang radiator seperti semula. Gunakan sealer atau lem Aibon dan oleskan pada bagian ujung untuk mencegah rembesan. Isi kembali radiator mobil Anda dengan air coolant.

Source: lem selang radiator, lem sambungan selang radiator, selang radiator bocor satu, selang radiator bocor, menyambung selang radiator, lem yang digunakan untuk selang radiator, lem slang radiator, cara memasang selang radiator mobil bagian atas, cara mengatasi selang radiator bocong pada ujung, cara menambal selang ra, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply