Home Mobil Cara Menangani Ban Mobil Pecah Saat Mengemudi

Cara Menangani Ban Mobil Pecah Saat Mengemudi

0 1857

Trik Menangani Mobil yang Pecah Ban, Dari sekian banyak kasus kecelakaan yang terjadi di jalan raya, ban pecah merupakan salah satu penyebab kecelakaan terbanyak. Kendati demikian, ada trik untuk mencegah terjadinya kecelakaan karena ban pecah.

Lembaga penelitian otomotif ternama dari Negeri Paman Sam, Amerika Serikat, Edmunds menjelaskan bahwa sikap sigap dan tenang adalah inti dari upaya penyelamatan. Hal tersebut dibutuhkan agar pengendara tetap dapat mengendalikan mobilnya.

Tips Tangani Ban Mobil Pecah di Perjalanan 2

Langkah berikutnya yang harus Anda lakukan adalah memegang kuat stir mobil untuk mengarahkan mobil supaya tetap lurus. Perlu diingat, jangan pernah memperlambat laju kendaraan dengan menginjak pedal rem secara tiba-tiba. Jangan pula langsung melepas pedal gas secara tiba-tiba.

Apabila Anda ingin menurunkan kecepatan mobil, kurangi injakan kaki di pedal gas dengan perlahan-lahan sembari memperkirakan ban bagian mana yang pecah. Apabila ban yang pecah adalah bagian depan, kurangi laju mobil dengan mengurangi injakan pedal gas dengan perlahan. Ini dilakukan agar mobil yang Anda kendalikan tidak terguling. Jika mobil terasa masih kencang, gunakan rem tangan sedcara perlahan.

Namun bila ban belakang yang pecah, Anda dapat memperlambat laju mobil dengan cepat. Caranya dengan melepaskan kaki dari pedal gas dan menginjak pedal rem dengan perlahan. Pastikan tangan Anda tetap mengendalikan setir mobil dengan kuat. Apabila ada kesempatan untuk menepi, segera nyalakan lampu sein dan tepikan mobil di bahu jalan.

Source:

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply