Home Mobil Tips Mengetahui Penyebab Setir Mobil Berat dengan Tepat

Tips Mengetahui Penyebab Setir Mobil Berat dengan Tepat

0 1810

Trik Ketahui Penyebab Roda Kemudi Mobil Berat, Walaupun beberapa mobil telah dilengkapi dengan teknologi power steering, ada kalanya putaran pada setir menjadi lebih berat dibandingkan biasanya.

Putaran roda kemudi yang lebih berat dapat disebabkan oleh perlilaku dari pengemudi mobil ataupun karena komponen lainnya. Jika tidak ditangani, hal ini tentu mengurangi kenyamanan pengemudi dalam mengendalikan kendaraan. Bahkan lebih parahnya Anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki atau mengganti komponen yang bermasalah.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika setir mobil terasa berat:

Cara Ketahui Penyebab Setir Mobil Berat 2

  1. Penggantian ukuran ban dan lingkar roda ke dimensi yang lebih besar dari standar, dapat menyebabkan setir terasa berat. Oleh karena itu pertimbangkan terlebih dahulu jika Anda ingin mengganti ban mobil.
  2. Ban botak dapat mengakibatkan beratnya putaran lingkar kemudi. Pasalnya area kontak antara ban botak dengan aspal menjadi lebih banyak. Namun hal ini jarang disadari oleh pengemudi, karena telah dibantu dengan power steering.
  3. Kurangnya tekanan angin pada ban merupakan penyebab selanjutnya yang membuat putaran setir lebih berat. Dengan demikian, alangkah baiknya jika Anda memeriksa tekanan angin ban secara berkala untuk mencegah hal ini.
  4. Rusaknya sistem power steering juga dapat membuat lingkar kemudi terasa lebih berat dibanding biasanya. Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi, antara lain kinerja pompa yang menurun, kebocoran pada sistem minyak dan lain-lain.
  5. Tingkat keselarasan roda merupakan faktor yang mempengaruhi putaran setir kemudi. Apabila tidak selaras antara bagian kanan dan kiri dapat membuat roda akan menarik ke salah satu sisi.

Source: cara meringankan setir mobil manual, cara meringankan setir mobil l300 manual, cara membuat setir mobil ringan, memperingan setir mobil manual, setir mobil manual berat, 

Pemuda berstatus mahasiswa di salah satu perguruan tinggi di Kediri ini selalu berusaha untuk membahagiakan orang tuanya. Tipe orang pekerja keras dan pantang mundur sebelum mendapatkan apa yg diinginkan. Salam Roda Dua!

Leave a Reply