Home Mobil Trik Mengetahui Ban Mobil yang Memerlukan Spooring

Trik Mengetahui Ban Mobil yang Memerlukan Spooring

0 1173

Mengetahui Gejala Ban Mobil Butuh Spooring, Kenyamanan dan keamanan pengguna mobil selama perjalanan dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya keselarasan antar empat ban mobil. Oleh karena itu perlu dilakukan spooring ban secara rutin agar keselarasan ban tetap terjaga. Lalu kapan hal tersebut harus dilakukan?

Dilansir dari laman Michelin, ada sejumlah gejala yang menandakan ban harus segera di-spooring.

“Jika laju mobil sering menyimpang ke kanan atau ke kiri meski setir tetap diarahkan untuk melaju ke arah lurus,” tulis laman tersebut.

Tips Kenali Gejala Ban Mobil Butuh Spooring 2

Hal semacam itu bisa terjadi lantaran seringnya ban mobil menabrak trotoar atau halangan lain, terlebih lagi jika ban kerap melalui jalanan yang berlubang. Hal tersebut akan menyebabkan beberapa komponen suspensi mengalami pergeseran.

Dengan menjaga keselarasan ban mobil, akan berdampak pada awetnya beberapa komponen mobil dan mendukung segi kenyamanan dan keamanan saat melakukan perjalanan. Tidak hanya itu, tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan pun bisa menjadi lebih optimal. Lain halnya dengan ban mobil yang tidak selaras antara satu dengan lainnya. Hal tersebt akan membuat bagian tepi dinding menjadi cepat aus karena sering tergerus.

Ada beberapa tanda bahwa ban mobil harus dispooring. Yang pertama adalah jika mobil sering menabrak trotoar maupun melalui jalanan berlubang yang cukup besar. Kedua, jika roda bergetar saat mobil melintas di jalanan datar atau halus. Ketiga, apabila laju mobil berubah arah secara tiba-tiba. Dan yang terakhir, ketika Anda baru saja memasang ban baru atau mengganti komponen suspensi.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply