Home Mobil Kelebihan Aki Kering Untuk Mobil dan Sepeda Motor

Kelebihan Aki Kering Untuk Mobil dan Sepeda Motor

0 2485

Keunggulan Aki Kering Untuk Kendaraan, Seperti yang diketahui bersama, aki merupakan salah satu komponen terpenting pada kendaraan bermotor, baik sepeda motor maupun mobil. Aki berperan penting dalam hal tegangan listrik. Tanpa adanya komponen ini kendaraan tidak akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Di pasaran kita mengenal dua macam aki, yakni Maintenance Freel (MF) atau aki kering dan konvensional atau aki basah. Ada juga aki Hybrid yang merupakan perpaduan aki kering dan basah. Tetapi jenis ini masih jarang dipakai pada kendaraan bermotor.

Sukirman, Kepala Departemen Quality PT Yuasa Battery Indonesia menjelaskan, saat ini aki kering banyak digunakan pada kendaraan baru. Aki kering mempunyai beberapa keunggulan dibanding aki basah, sehingga banyak produsen otomotif yang menyematkan aki kering pada kendaraannya.

Keunggulan Aki Kering Untuk Kendaraan 2

“MF atau aki kering ukuran lebih kecil, namun kemampuan sama. Selain itu, aki kering bisa dipasang di segala arah, sementara konvensional (aki basah) jika dipasang miring tumpah,” jelas Sukirman.

Sukirman melanjutkan, bahan yang digunakan aki kering tidak sama dengan aki basah. Aki kering menggunakan timah yang mengandung kalsium, sedangkan aki konvensional memakai timah yang mengandung antimoni.

Kekurangan timah antimoni yaitu menimbulkan penguapan yang cukup banyak, sehingga membuat cairan elektrolit cepat habis. Lain halnya dengan timah kalsium yang penguapannya lebih rendah karena memiliki seramik filter, sementara bagian lainnya hanya mengeluarkan gas saja.

“Jadi setiap ada tekanan, aki kering akan mengeluarkan gas. ementara kalau ada penguapan berupa air, itu akan kembali ke dalam baterai, sehingga aki kering bebas perawatan dan tidak harus menambah cairan lagi,” jelasnya.

Untuk penggunaan normal, aki kering dapat bertahan dua hingga tiga tahun. Sedangkan aki basah harus menjalani pengecekan secara rutin. Selain itu pengisian daya ulang pada aki basah yang tidak sesuai dapat membuat aki cepat mati.

Source: aki kering dipasang miring, aki motor kering, efek aki kering, efel accu motor, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply