Home Mobil Tips Mengemudi Mobil Saat Macet dengan Baik dan Benar

Tips Mengemudi Mobil Saat Macet dengan Baik dan Benar

0 2063

Trik Berkendara Mobil Saat Macet, Di kota-kota besar seperti Jakarta, tentu sudah bukan menjadi rahasia jika kemacetan dan kepadatan lalu lintas merupakan masalah yang tak kunjung usai.

Bagi Anda yang kerap terjebak macet, berikut Sun Motor memiliki beberapa tips yang dapat Anda lakukan.

1. Setengah kopling
Kondisi jalanan yang macet mengharuskan pengendara untuk memacu kendaraannya secara stop and go. Untuk itu tunggu kendaraan di depan hingga agak jauh, baru Anda mulai berjalan. Ini dilakukan agar mobil terhindar dari kondisi setengah kopling terlalu sering.

Cara Mengendarai Mobil Saat Macet 2

2. Posisi transmisi netral
Apabila mobil anda berhenti hingga lebih dari 30 detik, posisikan gigi ke netral, kecuali jika dibutuhkan reaksi cepat. Sebab, pada mobil transmisi manual, pedal kopling yang telepas dari injakan dapat membahakan pengguna mobil. Sedangkan pada mobil transmisi otomatis, menggunakan posisi D yang terlalu lama ketika kendaraan berhenti dapat membuat bahan bakar terbuang sia-sia.

3. Berpindah jalur
Saat hendak berpindah jalur maupun memotong jalur untuk belok atau putar balik, jangan lupa untuk menyalakan lampu sein. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

4. Pantau indikator
Saat terjebak macet di siang hari yang panas, bukanlah hal yang mengherankan jika mesin mobil mengalami overheat. Oleh karena itu pantaulah indikator di panel instrumen secara berkala untuk mengetahui kondisi mesin. Selain itu periksa pula indikator lampu oli.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply