Home Auto News Nissan Grand Livina X-Gear 2014 Tidak Pakai CVT

Nissan Grand Livina X-Gear 2014 Tidak Pakai CVT

0 3184

Mobil Nissan Grand Livina X Gear Baru 2014, Varian terbaru dari Grand Livina di Indonesia mendapatkan upgrade teknologi yang digunakan. Jika sebelumnya masih menggunakan transmisi maic konvensional, sekarang sudah mengaplikasikan transmisi CVT. Tetapi untuk varian Nissan Grand Livina X-Gear yang menjadi model Crossover Hatchback dari MPV Nissan Grand Livina justru belum menggunakan CVT dan masih dibekali mesin matic konvensional.

“Kenapa mobil baru Nissan Grand Livina X-Gear yang merupakan model spesial dari Grand Livina masih menggunakan matic konvensional belum CVT? Kita masih menggunakan transmisi normal karena memang mesin yang ada pada X-Gear didesain untuk transmisi normal (konvensional). Jadi transmisi CVT hanya diperuntukkan pada mesin berkapasitas 1.5 L HR engine,” tutur Yoshiya Horigome selaku Vice President National Sales and Marketing PT Nissan Motor Indonesia.

Nissan Grand Livina X-Gear

Mesin dengan menggunakan transmisi CVT memang lebih unggul dibandingkan model transmisi lama atau konvensional dimana masih mengandalkan planetary gear (gigi planet) seperti yang digunakan oleh All New Nissan Grand Livina 2014. Dengan susunan layaknya planet yang mengorbit kepada matahari, gigi gigi tersebut dapat berputar dan berhenti untuk menahan berat satu sama lain ibarat gravitasi agar mendapatkan tahap gigi satu, dua, tiga dan mundur.

Selain menggunakan transmisi yang berbeda yaitu bukan CVT, Nissan Grand Livina X-Gear menggendong mesin dengan kapasitas lebih besar yaitu 1.798 cc yang berkode MR18DE. Dengan kapasitas yang besar tersebut dapat menghasilkan tenaga sebesar 126 PS pada putaran 5200 rpm dengan torsi maksimum 17.7 kg-m pada putaran mesin 4800 rpm.

Source: yhs-fh_lsonsw, 

Pria kelahiran Mojokerto 34 tahun silam ini sebelumnya pernah berkerja di perusahaan media cetak tanah air pada tahun 2008 hingga 2013 dan mendirikan Indonesiautosblog.com untuk melanjutkan hasrat menulisnya tentang dunia otomotif.

Leave a Reply