Home Mobil Rem Mobil Blong, Apa Saja Penyebabnya?

Rem Mobil Blong, Apa Saja Penyebabnya?

0 2455

Penyebab Rem Mobil Blong, Komponen rem merupakan salah satu bagian penting yang harus ada pada suatu kendaraan, tak terkecuali mobil. Pada dasarnya rem berfungsi untuk menghentikan laju kendaraan.

Akan tetapi perawatan yang salah membuat rem menjadi blong. Hal inilah yang menjadi salah satu penyebab kecelakaan terbanyak.

“Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari minyak rem yang habis (di kendaraan penumpang), hingga kanvas dan piston rem yang rusak,” jelas Hamid Abidin, mekanik senior Bandar Motor, Tangerang.

4 Penyebab Rem Mobil Blong 2

Hamid menjelaskan, ada empat penyebab yang membuat rem mobil blong. Pertama karena piston dan kanvas rem yang telah aus. Hal tersebut membuat rem tidak pakem saat digunakan. Alangkah baiknya untuk melakukan pemeriksaan komponen-komponen ini setiap mobil menempuh 10.000 km.

Penyebab kedua adalah selang minyak rem yang tersumbat. Mobil penumpang biasanya memanfaatkan sistem pengereman tekanan fluida dari minyak rem dalam mekanisme pengereman. Disarankan untuk memperhatikan kondisi minyak rem dan selang minyak agar terhindar dari rem blong.

Sil Piston master yang aus menjadi penyebab berikutnya. Ausnya komponen ini dikarenakan oleh beberapa faktor, seperti usia ataupun kualitas minyak rem yang sudah tidak layak digunakan. Agar hal tersebut tidak terjadi, ada baiknya untuk mengganti minyak rem setiap enam bulan atau maksimal satu tahun sekali.

Penyebab terakhir adalah suhu yang membuat kualitas minyak rem berubah. Kondisi semacam ini akan mempengaruhi daya tekan saat pengendara melakukan pengereman.

Source: harga mobil baru 2015, penyebab rem mobil blong, penyebab rem blong, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply