Home Motor Kerugian Menggunakan BBM Eceran pada Motor

Kerugian Menggunakan BBM Eceran pada Motor

0 2416

Kerugian Gunakan Bensin Eceran pada Motor, Bahan bakar merupakan salah satu hal terpenting pada kendaraan bermotor, tak terkecuali sepeda motor. Sebab bahan bakar merupakan sumber tenaga dari kendaraan. Pemilik kendaraan diharuskan untuk memeriksa kualitas dari BBM yang dibelinya. Hal inilah yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Masih banyak orang yang memilih untuk membeli BBM di tempat eceran, meskipun harganya lebih mahal daripada di SPBU. Perlu diketahui, bensin eceran memiliki kualitas yang berbeda dengan bensin yang dijual di SPBU.

Dampak Menggunakan Bensin Eceran pada Motor 2

Ahmad Bakrie, Kepala Mekanik Eka Jaya Motor di Jakarta Barat menjelaskan, bensin eceran tidak akan merusak mesin motor. Akan tetapi, bensin tersebut dapat berdampak buruk bagi tangki bahan bakar. Alasannya, penjual bensin eceran pada umumnya membeli bensin dengan menggunakan jeriken yang tidak bisa diketahui kebersihannya.

“Mengisi bensin eceran itu enggak akan merusak mesin motor, karena kan sama saja seperti isi premium. Hanya saja, tangki akan lebih cepat kotor,” ungkapnya.

Ahmad memaparkan, apabila tangki dibiarkan dalam keadaan kotor, hal tersebut dapat menyebabkan timbulnya karat. Tidak hanya itu, tangki motor juga bisa mengalami kebocoran.

Disamping itu, bensin eceran dapat mempengaruhi kinerja karburator motor. Kotoran yang ada pada bensin eceran dapat menyumbat karburator, sehingga pembakaran pada motor tidak dapat dilakukan dengan stabil.

Agar tidak terjadi hal-hal semacam itu, Ahmad menyarankan agar pengguna motor memilih bahan bakar beroktan lebih tinggi. Bensin dengan oktan tinggi dapat membuat motor lebih hemat bahan bakar.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply