Home Motor Cara Menyalakan Motor Mogok Karena Banjir dengan Tepat

Cara Menyalakan Motor Mogok Karena Banjir dengan Tepat

0 1779

Trik Menghidupkan Motor Karena Banjir, Musim hujan memberikan permasalahan tersendiri bagi pengendara motor di Tanah Air. Curah hujan yang tinggi dapat menyebabkan jalanan terendam air sehingga menghambat pengendara motor yang ingin melintas. Tak jarang kendaraan yang ditunggangi harus mengalami kemogokan di tengah banjir.

Apabila Anda mengalami hal serupa, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi motor mogok. Tio, seorang mekanik bengkel di Jakarta menjelaskan, komponen pertama yang harus diperhatikan adalah busi.

Tips Hidupkan Motor Mogok Karena Banjir 2

Berikut adalah tips singkat yang perlu Anda lakukan:

Bersihkan busi

Busi merupakan komponen penting pada sebuah kendaraan bermotor, sebab berfungsi untuk pematik api. Itulah mengapa busi rentan terhadap air. Jika busi motor terkena air, gunakan kain kering untuk mengelap dan sikat gigi untuk membersihkan ujung busi.

Bersihkan knalpot

Motor yang terendam banjir biasanya air akan masuk ke beberapa komponen motor, seperti knalpot. Bersihkan knalpot dari air dengan cara mengangkat ban depan hingga air keluar.

Bersihkan air dari karburator

Jika motor masih tidak dapat hidup, periksa karburator motor. Jangan biarkan ada air yang bercampur dengan bahan bakar.

Periksa oli

Lakukan pengecekan pada oli, pastikan oli tidak tercampur dengan air. Jika oli tercampur dengan air, maka oli akan berwarna putih.

Panaskan mesin motor

Saat motor terkena banjir, hidupkan dan panaskan mesin motor dengan diengkol. Setelah itu dianjurkan untuk membawa motor ke bengkel terdekat. Hal ini bertujuan untuk mencegah kerusakan yang lebih parah.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply