Home Auto News Kelebihan Yamaha WR250R 2015 Indonesia, Mesin Lebih Bertenaga!

Kelebihan Yamaha WR250R 2015 Indonesia, Mesin Lebih Bertenaga!

0 1445

Keunggulan Yamaha WR250R, Industri otomotif di Indonesia baru saja kedatangan motor trail terbaru. Motor ini merupakan motor trail andalan produsen otomotif asal Negeri Bunga Sakura, Yamaha yang diberi nama WR250R. Di Tanah Air, motor berlambang tiga garputala ini dijual dengan harga Rp 93 juta on the road Jakarta. Kehadirannya sebagai motor dual purpose membuatnya memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan para kompetitornya.

Kemudahannya untuk melintasi hutan dan dapat digunakan untuk berkendara di jalanan perkotaan membuatnya pantas untuk menjadi pilihan menarik bagi pecinta motor trail di Tanah Air. Terlebih lagi kondisi jalanan yang tidak menentu dan berlubang, bukanlah menjadi sebuah halangan untuk Yamaha WR250R.

Motor trail ini memiliki dimensi panjang 2.180 mm, dengan lebar sebesar 810 mm dan tinggi mencapai 1.230 mm. WR250R memiliki ground clearance 300 mm sehingga dapat digunakan untuk melintasi jalanan yang terendam air. Letak knalpot yang berada di bawah jok membuat motor ini sanggup melintasi medan berlumpur dengan mudah.

Berbekal ban depan yang memiliki ukuran 80/120-21 dan ban belakang dengan ukuran 120/80-21, akan semakin memudahkan Yamaha WR250R untuk menaklukkan medan dengan tanah lembek maupun jalanan tanjakan.

Yamaha WR250R dipersenjatai dengan jantung pacu berperforma tinggi. Hal inilah yang dapat memanjakan para biker saat mengendarainya. Mesin yang digunakan adalah DOHC 4 taka, single silinder dan 4 valve. Dengan mesin tersebut Yamaha WR250R sanggup menghasilkan tenaga sebesar 30,2 hp pada 1.000 rpm dengan torsi maksimum mencapai 23,7 Nm pada 8.000 rpm.

Yamaha-WR250R-2015-indonesia

Motor trail yang didatangkan oleh Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) dari negara asalnya, Jepang ini memiliki spesifikasi Eropa. Berikut adalah kelebihan yang ditawarkan motor trail terbaru Yamaha WR250R:

Forged Piston

Motor trail terbaru andalan YIMM ini menggunakan forged piston yang jauh lebih ringan daripada seher yang dibuat dari bahan logam. Sebab, piston yang memiliki ukuran 77.0 milimeter ini memiliki bobot yang lebih ringan dengan tingkat pemuaian yang lebih rendah.

Ceramic Plated Cylinder

Tidak hanya forged piston saja, dinding blok silinder yang dibenamkan pada jantung mekanis Yamaha WR250R ini juga memiliki keunggulan. Motor ini tidak menggunakan DiAsil cylinder layaknya motor Yamaha pada umumnya, melainkan mengusung Ceramic Plated Cylinder. Dengan digunakannya dinding silinder berbahan keramik, kinerja mesin akan menjadi jauh lebih ringan. Hal ini disebabkan oleh minimnya gesekan tanpa terjadi power loss.

Knalpot

Knalpot pada Yamaha WR250R telah menggunakan EXUP System. EXUP merupakan singkatan dari Exhaust Ultimate Power Valve. Kelebihan penggunakan EXUP System ini adalah dapat mengatur tenaga agar tidak mengeluarkan gas buang yang tinggi. Pada umumnya EXUP disematkan pada knalpot mobil balap. Dengan demikian emisi gas buang akan tetap rendah.

Klep dan Per Klep

Motor trail ini juga dilengkapi dengan sistem DOHC yang dikombinasikan dengan klep inlet yang dibuat dari bahan material titanium. Material ini memang dikenal mempunyai daya tahan yang kuat namun memiliki bobot yang ringat. Bobot klep dengan bahan material titanium diyakini lebih ringan 40% dibandingkan dengan per klep yang dibuat dari besi.

ECU

Yamaha WR250R ini menggunakan perangkat ECU 3D mappingpengapian, sama seperti yang digunakan pada Yamaha NMAX. ECU tersebut dapat mengatur efisiensi bahan bakar dan tenaga agar lebih efektif. Dengan demikian, walaupun pengendara membuka tuas gas sesuka hati, perangkat ECU akan mengatur keluarnya bahan ke ruang bakar supaya asupan bahan bakar menjadi homogen.

Injektor

Suplai bahan bakar injektor sangat berguhubungan dengan komponen ECU. Sebab ECU yang mengatur asupan bahan bakar yang didistribusikan ke ruang bakar. Motor trail ini dilengkapi dengan 12 lubang injektor. Lubang-lubang injektor tersebut akan membuat semburan bahan bakar menjadi lebih optimal.

Source:

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply