Home Motor 6 Tips Menjaga Warna Motor Agar Tetap Mengkilap dan Menarik

6 Tips Menjaga Warna Motor Agar Tetap Mengkilap dan Menarik

0 4000

Cara Dan Tips Menjaga Warna Motor, Seiring berkembangnya zaman, tren dan gaya akan selalu berubah-ubah. Hal inilah yang menjadi perhatian merek-merek motor. Oleh karenanya berbagai cara dilakukan agar tidak tertinggal oleh ketatnya persaingan. Perubahan desain motor seakan menjadi hal wajib yang harus dilakukan setiap tahun. Tidak hanya perubahan tampilan saja yang dilakukan, merek-merek motor juga melakukan inovasi dalam kombinasi warna.

Akhir-akhir ini para produsen kendaraan roda dua gencar menghadirkan motor baru dengan warna atraktif. Warna standar seperti merah, biru, abu-abu dan putih yang dikombinasikan dengan warna yang terkesan lebih dinamis dan muda kini menjadi andalan.

Warna-warna yang cerah dan beda tersebut rupanya mendapat tanggapan positif dari masyarakat Indonesia. Salah satu sepeda motor yang mengaplikasikan warna cerah adalah skuter matik. Misalnya seperti Yamaha Fino FI yang ditawarkan dengan beragam varian warna pada tipe sporty. Uniknya, perpaduan warna terdiri dari beberapa campuran warna yang dikombinasikan dengan balutan krom sehingga tampilannya terlihat lebih menarik.

Akan tetap, di balik warna yang menarik dan atraktif ada satu hal yang wajib dilakukan oleh pemilik kendaraan, yakni menjaga warna motor agar tetap mengkilap. Hal ini tidak boleh diabaikan, karena bila tidak dijaga warna motor akan cepat pudar sehingga membuat tampilannya tidak terlihat menarik lagi.

Cara Merawat Warna Sepeda Motor 2

Bagi Anda pemilik motor, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mempertahankan warna dari kendaraan kesayangan Anda. Berikut adalah beberapa tips agar warna motor tetap mengkilap:

  1. Hindarkan motor dari paparan sinar matahari secara langsung. Usahakan untuk meletakkan kendaraan di tempat parkir yang teduh dan aman dari sinar matahari. Alasannya, debu dan sinar ultraviolet matahari yang mengenai motor secara terus-menerus dapat menyebabkan partikel car menjadi rusak, sehingga warna menjadi pudar.
  2. Disarankan untuk tidak mencuci motor dengan deterjen maupun sabun colek. Sebab kedua benda tersebut sejatiya digunakan untuk menghilangkan noda pada kain, bukan untuk membersihkan bodi sepeda motor. Lebih baik gunakan sampo khusus untuk mencuci motor agar kelembaban bodi dan cat tetap terjaga.
  3. Perlu Anda garis bawahi bahwa hujan dan garam merupakan musuh terbesar dari cat motor. Air hujan mengandung asam, terlebih saat hujan yang turun pertama kali. Apabila motor Anda terkena air hujan, segera bilas dengan air bersih. Demikian pula dengan air garam atau air asin. Kandungan garam dapat mengakibatkan warna otor cepat pudar. Tidak hanya itu, air garam juga dapat membuat komponen besi mudah berkarat.
  4. Disarankan untuk segera mengeringkan bodi sepeda motor jika terkena air. Karena bintik-bintik air yang menempel pada bodi motor dan terpapar sinar matahari bercampur debu akan memunculkan jamur dan noda yang sulit untuk dihilangkan. Alhasil cat motor menjadi tidak mengkilap.
  5. Menggunakan cairan pengkilap pada sepeda motor bukanlah hal yang dilarang, akan tetapi alangkah baiknya jika hal tersebut tidak dilakukan secara terus-menerus. Pasalnya penggunaan cairan pengkilap dapat membuat warna bodi motor terkikis. Dalam jangka waktu yang lama kilau sepeda motor akan menghilang.
  6. Untuk bodi motor yang dihiasi lapisan krom, perhatikan saat membersihkan air yang menempel. Disarankan untuk menggunakan kain yang memiliki tekstur lembut agar tidak meninggalkan baret. Hindari penggunaan bhan kimia apapun untuk komponen krom, sebab hal tersebut dapat membuat warnanya menjadi kekuningan.

Demikian adalah beberapa tips untuk merawat cat sepeda motor yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Source: cara membuat motor mengkilap seperti baru, yhsm-plushome_001, cara merawat cat motor agar tetap mengkilap, cara merawat body motor agar tetap mengkilap, cara membuat body motor mengkilap, cara membersihkan motor supaya mengkilap, cara membuat body motor tetap mengkilap, agar motor mengkilap, agar cat motor tetap mengkilap, agar motor tetap mengkilap, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply