Home Motor Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Masuk Angin

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Masuk Angin

0 9145

Tips Mengatasi Rem Cakram Motor Blong, Rem pada kendaraan bermotor menjadi salah satu komponen vital yang tidak boleh diabaikan. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan laju kendaraan yang ditunggangi. Dengan adanya perangkat ini, pengguna kendaraan dapat terhindar dari hal yang tidak diinginkan, seperti tabrakan.

Dengan demikian, wajib hukumnya untuk menjaga kondisi rem. Sebab, sama halnya seperti komponen kendaraan lainnya, kinerja rem juga akan menurun seiring pemakaian dalam jangka waktu lama. Jika hal tersebut tidak segera ditangani, tentu dapat membahayakan keselamatan pengguna kendaraan.

Seperti yang kita ketahui bersama, ada tiga jenis rem pada kendaraan. Antara lain rem cakram, rem tromol dan rem angin.

Kini, banyak produsen kendaraan roda dua yang menyematkan rem jenis cakram pada motor besutannya. Kelebihannya dalam hal daya pengereman yang lebih baik dibandingkan rem tromol membuat banyak produsen motor yang beralih menggunakan rem cakram.

Sekedar informasi, rem cakram merupakan sistem pengereman yang lazim digunakan pada kendaraan modern. Rem ini bekerja dengan cara menjepit cakram yang biasanya dipasangkan pada roda kendaraan, untuk menjepit cakram digunakan kaliper yang digerakkan oleh piston untuk mendorong brake pads ke cakram.

Selain digunakan pada mobil dan sepeda motor, rem ini juga dimanfaatkan sebagai perangkat pengereman kereta api. Sedangkan pada mobil balap, rem cakram yang digunakan dibuat dari bahan keramik agar tahan terhadap panas yang timbul saat proses pengereman.

 

Tips Atasi Rem Cakram Motor Masuk Angin 2

Baca Juga : Cara Mengerem Motor Yang Benar

Akan tetapi tidak selamanya rem cakram terbebas dari masalah. Ada kalanya pengguna mengeluhkan sistem rem cakram pada kendaraannya. Permasalahan yang timbul adalah pengendara justru harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menekan rem.

Hal semacam itu membuat perjalanan menjadi tidak nyaman. Karena penggunaan pedal rem tidak bisa mengandalkan perasaan, kapan saatnya menekan setengah tenaga dan kapan harus ditekan kuat.

Namun, berdasarkan fakta yang ada para pengguna motor harus membutuhkan tenaga ekstra saat menekan pedal rem. Lalu apa yang menjadi akar dari permasalahan tersebut?

Andik dari AJM di Rungkut Kidul Industri 10, Surabaya, Jawa Timur memiliki beberapa tips motor untuk memeriksa permasalahan tersebut. Ia menjelaskan, umumnya masalah tersebut terjadi karena gejala masuk angin.

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan:

  1. Pertama-tama, kendorkan baut nepel perapat slang rem yang terdapat pada master rem.
  2. Ketika Anda sedang mengendorkan, hindari untuk menekan pedal rem. Biarkan minyak rem merembes di sekeliling nepel, sebagai indikasi bahwa ruang master dipenuhi dengan minyak rem.
  3. Setelah itu rapatkan kembali. Perlu Anda perhatikan, saat melakukan langkah ini posisi reservoir harus terbuka.
  4. Langkah berikutnya adalah bleeding atau memompa pedal rem berulang-ulang sambil menahan tekanan pedal dan kendorkan secara singkat nepel slang rem pada kaliper. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa angin yang terjebak pada jalur minyak rem di slang rem dapat dikeluarkan semua. Teknik ini dinyatakan berhasil dengan baik jika cipratan minyak rem dari celah nepel mempunyai tekanan.

Dengan memanfaatkan teknik ini, Anda tidak perlu lagi melakukan bleeding jalur minyak rem melalui baut nepel 8 mm, seperti yang biasa dilakukan orang-orang pada umumnya.

Alhasil waktu yang dibutuhkan untuk mengeluarkan angin di dalam jalur minyak rem menjadi lebih singkat. “Dan dipastikan pedal rem jadi lebih empuk,” pungkas Andik.

Demikian adalah beberapa tips yang yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rem cakram masuk angin.

Baca Juga : Cara Memperbaiki Rem Tromol Sepeda Motor

Source: cara memperbaiki rem cakram motor yang blong, rem cakram blong, cara memperbaiki rem cakram, cara mengatasi rem cakram blong, penyebab rem cakram blong, cara memperbaiki rem cakram motor masuk angin, rem depan motor blong, cara memperbaiki rem cakram blong, penyebab rem depan motor blong, rem cakram tidak berfungsi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply