Home Auto News Yamaha YZF-R25 ABS 2015 Indonesia Resmi Mengaspal

Yamaha YZF-R25 ABS 2015 Indonesia Resmi Mengaspal

0 2904

Motor Yamaha R25 ABS Indonesia, Yamaha YZF-R25 yang dilengkapi dengan fitu antilock brake system (ABS) telah diperkenalkan di negara asalnya, Jepang beberapa waktu lalu. Kabar baiknya, motor sport andalan produsen motor berlambang tiga garputala tersebut akan diluncurkan di Tanah air. Yamaha YZF-R25 dengan fitur baru ini akan mengaspal pada hari Senin (02/03/2015) mendatang.

Peluncuran motor baru tersebut akan dilakukan bersamaan dengan launching Yamaha Racing Team Indonesia yang diselenggarakan di sebuah hotel di Sentul, Bogor. Lalu berapa harga jual dari Yamaha YZF-R25 terbaru ini?

“Sabar nanti diinfokan langsung di sana,” kata salah seorang sumber dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Di Negeri Bunga Sakura, Yamaha YZF-R25 ABS ini sudah mulai dipasarkan. Di pasar Jepang motor sport tersebut dijual dengan harga 599.400 Yen atau mencapai Rp 63,8 jutaan. Sedikit lebih mahal bila dibandingkan dengan Yamaha YZF-R25 non ABS yang dibanderol Rp 59,2 jutaan.

Lantas berapa harga motor tersebut jika dijual di Indonesia? Sekedar pembanding, Untuk model non ABS Yamaha Indonesia menjualnya seharga Rp 53 jutaan. Apabila selisih harga model ABS dan non ABS di Jepang mencapai sekitar Rp 4,6 jutaan, bisa diperkirakan harga Yamaha YZF-R25 ABS di Tanah Air mencapai Rp 58 jutaan.

Yamaha YZF-R25 2015 Indonesia 1

Sekedar informasi tambahan, Yamaha YZF-R25 ABS yang diniagakan di Jepang memiliki desain yang sama persis dengan model sebelumnya. Motor Sport ini memiliki dimensi panjang 2.090 mm, lebar sebesar 720 mm dan tinggi mencapai 1.135 mm.

Hanya saja terdapat satu pilihan warna baru, yakni ‘Deep Purplish Blue Metallic’. Varian warna ini memadukan warna biru khas Yamaha dengan silver yang memunculkan kesan futuristik. Pilihan warna ini belum ada di Indonesia. Jika konsumen ingin memilih warna lain, Yamaha menawarkan warna merah dan hitam.

Melirik sektor performanya, Yamaha YZF-R25 tetap mempertahankan jantung pacu lamanya. Mesin tersebut adalah dua silinder DOHC 8 klep, 4 langkah, berpendingin carian yang memiliki kapasitas sebesar 249 cc. Mesin tersebut sanggup menghembuskan tenaga hingga 36 daya kuda pada putaran 12.000 rpm dan torsi puncak sebesar 23 Nm pada 10.000 rpm. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin disalurkan melalui sistem transmisi 6-percepatan.

Yang membedakan Yamaha YZF-R25 baru dengan model lama tentu saja terdapat pada sistem pengeremannya. Yamaha YZF-R25 terbaru telah dilengkapi dengan fitur anti lock brake system (ABS) yang memiliki beberapa komponen tambahan, seperti sensor pada roda depan dan belakang. Hal tersebut dapat dilihat pada disk brake yang mempunyai sensor lempengan bulat dengan banyak lubang.

Sensor yang diletakkan di kedua roda tersebut berfungsi untuk membaca kecepatan perputaran roda depan dan belakang. Saat pengguna melakukan pengereman, secara otomatis sensor akan membaca jika terdapat salah satu roda yang putarannya lebih lambat atau terkunci. Kemudian sensor akan mengirim sinyal ke perangkat ECU untuk melepas kekuatan rem secara perlahan. Hasilnya, ban tidak akan terkunci dan motor tetap bisa dikendalikan.

Perlu diingat, Yamaha YZF-R25 yang dipasarkan di Indonesia mengandalkan rem cakram hidrolik pada roda depan dan belakang. Untuk cakram depan mengusung piston ganda, sedangkan bagian belakang menggunakan piston tunggal. Dengan hadirnya fitur ABS pada Yamaha R25 model terbaru tentu saja membuat sistem pengereman akan berfungsi lebih sempurna.

Kehadiran motor sport andalan Yamaha ini dipastikan akan memperkuat keberadaannya di segmen sport, setelah sebelumnya sempat tertinggal oleh kompetitornya, Kawasaki yang lebih dulu merilis Ninja 250 dengan fitur ABS.

Source: 2015 Yamaha YZF R25 indonesi, 

Sekarang INDONESIAUTOSBLOG.com bisa dibuka melalui perangkat mobile di http://m.indonesiautosblog.com untuk akses lebih mudah dan ringan dari ponsel dan dapatkan berita menarik tentang dunia otomotif di beranda Facebook Anda klik disini!

Punya Pertanyaan atau Komentar?

Jika kamu memiliki pertanyaan atau tanggapan mengenai artikel ini, silahkan tinggalkan komentar kamu disini

Leave a Reply